Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Permainan Menjaring Ikan Di Kolam Renang Pada Siswa SDN Kalicari 01 Kota Semarang

Agung Prabowo, 6102909199 (2011) Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Permainan Menjaring Ikan Di Kolam Renang Pada Siswa SDN Kalicari 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah “Bagaimana model pembelajaran pengenalan air dalam penjasorkes melalui permainan menjaring ikan di kolam renang sebagai upaya menghilangkan rasa takut terhadap olahraga air pada siswa kelas III SDN Kalicari 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran pengenalan air dalam penjasorkes melalui permainan menjaring ikan di lingkungan kolam renang sebagai upaya menghilangkan rasa takut terhadap olahraga air pada siswa kelas III SDN Kalicari 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pengenalan air dalam penjasorkes melalui permainan menjaring ikan di kolam renang. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Kalicari 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Uji coba dilaksanakan di kolam renang. Uji coba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Kalicari 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang yang berjumlah 34 anak. Uji coba dilaksanakan di kolam renang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan di kolam renang Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas adalah 74,66% (baik), ahli pembelajaran I 78,66% (baik), ahli pembelajaran II 78,66% (baik), uji kelompok kecil 88,96% (baik), uji lapangan 89,14% (baik). Dari data keseluruhan yang ada maka diperoleh persentase skala penilaian dan persentase pilihan jawaban rata-rata 82,16% dengan kriteria baik, sehingga dapat digunakan untuk siswa kelas III SDN Kalicari 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa “Tingkat pengenalan air siswa kelas III SDN Kalicari 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dalam kategori baik saran dalam penelitian ini bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Pedurungan Kota Semarang hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerak tubuh yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 22:11
Last Modified: 11 Sep 2012 22:11

Actions (login required)

View Item