Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Social Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012
Lissa Himatun Nurazizah, 3101408023 (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Social Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Social Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 3 Slawi mempunyai beberapa masalah dalam proses pembelajarannya. Permasalahnnya seperti siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran,masalah buku penunjang, dan masalah yang ketiga berhubungan dengan guru di SMA ini pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung menggunakan model pembelajaran tradisonal. Model pembelajaran Inquiry Social salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan intektual melalui proses berpikir dan pembelajaran ini berpusat pada pengelaman yang menekankan kepada proses pemecahan social melalui pengujian hipotesis yang di dasarkan pada fakta. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar Sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Social, bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 3 yang menggunakan model pembelajaran Konvensional dan apakah model pembelajaran Inquiry Social berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran Inquiry Social di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Slawi. Penelitian ini melibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Dari hasil penelitian, didapatkan pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sejarah pada kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry Social ternyata rata-rata nilai pencapaian hasil belajar yang lebih tinggi yaitu 8,27 dibandingkan dengan dengan pencapaian hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu sedangkan 7,25. Berdasarkan uji keberartian koefisiensi korelasi diperoleh hasil perhitungan Fhitung = 4,124, sedangkan Ftabel = 2,05. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Social berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sejarah pada siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa lebih aktif dan berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat setelah mengetahui dan memahami model Inquiry Social, lebih konsentrasi dan fokus dalam proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Sejarah, Model Pembelajaran Inquiry Social |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 02:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 02:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15286 |
Actions (login required)
View Item |