Tingkat Penguasaan Teknik Dasar Tenis Dalam Mata Kuliah IKK TENIS I Pada Mahasiswa Jurusan PKLO FIK UNNES TAHUN 2010


Fendi Akhmad, 6301405074 (2011) Tingkat Penguasaan Teknik Dasar Tenis Dalam Mata Kuliah IKK TENIS I Pada Mahasiswa Jurusan PKLO FIK UNNES TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tingkat   Penguasaan  Teknik  Dasar Tenis Dalam Mata Kuliah IKK TENIS  I Pada Mahasiswa Jurusan   PKLO FIK UNNES TAHUN 2010] Microsoft Word (Tingkat Penguasaan Teknik Dasar Tenis Dalam Mata Kuliah IKK TENIS I Pada Mahasiswa Jurusan PKLO FIK UNNES TAHUN 2010) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Seberapa tingkat penguasaan teknik pukulan dasar tenis pada mahasiswa IKK Tenis Lapangan FIK UNNES Tahun 2010 ? Tujuan penelitian untuk mengetahui : Untuk mengetahui tingkat penguasaan teknik pukulan dasar tenis pada mahasiswa IKK Tenis I FIK UNNES Tahun 2010. Metode penelitian menggunakan metode survey tes. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah IKK tenis lapangan yang berjumlah 24 orang mahasiswa. Karena jumlah sampel terbatas dalam arti kurang dari 100, maka seluruh populasi digunakan sebagai sampel atau disebut sebagai penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini hanya 1 variabel bebas yaitu tingkat penguasaan teknik pukulan dasar tenis. Metode dalam pengumpulan data menggunakan survey dengan teknik tes dan pengukuran. Data yang diperoleh dari tes dan pegukuran tersebut dianalisis mengunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa : Hasil tingkat penguasaan teknik pukulan dasar tenis pada mahasiswa IKK tenis I sebagai berikut : 1) tes penempatan service yang mendapat nilai A sejumlah 5 orang, nilai B sejumlah 7 orang, C sejumlah 9 orang, D sejumlah 2 orang, dan E hanya sejumlah 1 orang. 2) tes kesepatan service yang mendapat nilai A sejumlah 8 orang, B sejumlah 7 orang, C sejumlah 4 orang, D sejumlah 4 orang dan E sejumlah 1 orang. 3) tes forehand drive yang mendapat nilai A sejumlah 3 orang, B sejumlah 5 orang, C sejumlah 16 orang. 4) tes backhand drive yang mendapat nilai A sejumlah 1 orang, B sejumlah 3 orang, C sejumlah 19 orang, dan D hanya 1 orang. Maka dapat disimpulkan tingkat penguasaan teknik pukulan dasar tenis pada mahasiswa IKK tenis I tahun 2010 dalam 5 kategori yang ditentukan A,B,C,D,dan E mahasiswa IKK tenis I termasuk dalam kategori cukup atau C. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah : 1) Bagi mahasiswa PKLO yang akan mengambil mata kuliah IKK sebaiknya menyesuaikan dengan bakat dan minat nya masing-masing sehingga pengembangan potensinya yang ingin dicapai bisa lebih optimal. 2) Mahasiswa PKLO juga hendaknya memanfaatkan pelaksanaan perkuliahan secara optimal untuk meningkatkan potensi yang telah dimiliki, jika perlu ditambahkan porsi latihan di luar jam kuliah sehingga penguasaan teknik dasar tenis pada mahasiswa IKK tenis bisa lebih optimal. 3) Bagi dosen pengampu mata kuliah IKK tenis, penelitian ini bisa menjadi bahan referensi atau evaluasi agar proses perkuliahan yang telah dilakukan benar-benar terlaksana sesuai dengan rencana pembelajaran atau perkuliahan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Penguasaan Teknik Dasar Tenis
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:36
Last Modified: 12 Sep 2012 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item