Pengembangan Model Pembelajaran Ketangkasan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Bukit Waduk Cacaban Siswa Kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011


Sodeli, 6102909126 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Ketangkasan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Bukit Waduk Cacaban Siswa Kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Ketangkasan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Bukit Waduk Cacaban Siswa Kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Ketangkasan Gerak dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Bukit Waduk Cacaban Siswa Kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana model pembelajaran ketangkasan gerak dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan Bukit Waduk Cacaban siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Adapun tujuannya penelitian untuk mengembangan model pembelajaran ketangkasan gerak dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan Bukit Waduk Cacaban. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pengembangan (research - based development) yang berorientasi pada produk. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini adalah ketangkasan gerak yang dimodifikasi kedalam permainan ketangkasan gerak meliputi lari zig-zag, menerobos gawang, melompat kardus, dan lompat katak melalui pendekatan lingkungan bukit Waduk Cacaban. Model pembelajaran dalam penelitian ini berupa permainan sirkuit bukit yang diujikan ke dalam dua tahap, yaitu uji coba skala kecil dan uji lapangan (skala besar). Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner untuk siswa dan lembar evaluasi ahli masing-masing sebanyak 15 butir pertanyaan. Subyek penelitian meliputi satu orang ahli pendidikan jasmani dan olahraga (Pembimbing Penjasorkes), dua orang ahli pembelajaran penjasokes (Guru Penjasorkes), siswa yang terlibat uji coba skala kecil berjumlah 16 orang, dan siswa yang terlibat dalam uji coba skala besar berjumlah 28 orang masing-masing siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil pengembangan produk awal diperoleh 89 % model pembelajaran yang dilaksanakan sudah baik dan layak digunakan dengan sedikit revisi berupa penggunaan gawang pralon menjadi gawang ranting dengan memanfaatkan lingkungan bukit waduk cacaban. Setelah direvisi, dihasilkan produk akhir dengan hasil perolehan 96 % model pembelajaran sangat baik dan layak digunakan di lingkungan bukit waduk cacaban. Sesuai hasil pengembangan, disimpulkan bahwa model pembelajaran ketangkasan gerak dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan bukit waduk cacaban pada siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 02 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011 layak digunakan. Saran peneliti adalah (1) hendaknya dalam pembuatan model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik dan kompetensi dasar yang sesuai (2) penggunaan model pembelajaran sebaiknya memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan siswa baik alat maupun media pembelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, ketangkasan gerak dalam penjasorkes, pendekatan lingkungan bukit waduk cacaban
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:16
Last Modified: 12 Sep 2012 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item View Item