Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air di Lingkungan Irigasi dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal


Rojikhi, 6102909106 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air di Lingkungan Irigasi dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air di Lingkungan Irigasi dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air di Lingkungan Irigasi dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran aktivitas air di lingkungan irigasi dalam penjasorkes pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran aktivitas air di lingkungan irigasi dalam penjasorkes pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Subyek penelitian berjumlah 42 siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Sehubungan dengan subyek penelitian hanya 42 siswa yang berarti kurang dari 100 maka penelitian ini disebut penelitian subyek. Peneliti mengambil seluruh siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase. Berdasarkan analisis deskriptif persentase, model pembelajaran aktivitas air di lingkungan irigasi dalam penjasorkes adalah 84% telah berhasil. Komentar yang diberikan siswa maupun ahli penjasorkes secara umum menyatakan model pembelajaran aktivitas air di lingkungan irigasi dalam penjasorkes sangat baik karena membuat siswa tidak takut pada air dan dapat merangsang siswa melakukan gerakan motorik lebih efektif dan suasana pembelajaran menyenangkan. Siswa merasa senang karena kegiatan ini dilakukan di luar kelas. Penelitian ini sudah berhasil mengembangkan (1) model pembelajaran aktivitas air di lingkungan irigasi dalam penjasorkes pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal untuk mengembangkan aspek belajar berenang gaya bebas; (2) model pembelajaran aktivitas air di lingkungan irigasi dalam penjasorkes pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Bogares Kidul Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal untuk membuat siswa menyukai olahraga terutama renang dan lingkungan; (3) Contoh rencana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Air di Lingkungan Irigasi
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:12
Last Modified: 12 Sep 2012 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item View Item