Pengaruh Celah Katup Masuk Terhadap Jumlah Konsumsi Bahan Bakar Honda Supra X 125 Pgm Fi


Fahmi Hasan, 5211309053 (2012) Pengaruh Celah Katup Masuk Terhadap Jumlah Konsumsi Bahan Bakar Honda Supra X 125 Pgm Fi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Celah Katup Masuk Terhadap Jumlah Konsumsi Bahan Bakar Honda Supra X 125 Pgm Fi] Microsoft Word (Pengaruh Celah Katup Masuk Terhadap Jumlah Konsumsi Bahan Bakar Honda Supra X 125 Pgm Fi) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Sistem mekanisme katup dalam motor bakar 4 langkah berfungsi sebagai mekanisme buka tutup katup yang digunakan untuk laluan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam silinder atau sebagai laluan gas sisa hasil pembakaran keluar dari silinder. Banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang akan masuk ke dalam silinder salah satunya ditentukan oleh ukuran celah katup masuk. Permasalahan yang dibahas adalah komponen mekanisme katup pada Honda Supra X 125 PGM-FI, konstruksi dan cara kerja mekanisme katup dan mengetahui pengaruh celah katup masuk terhadap perubahan jumlah konsumsi bahan bakar, serta mengetahui berbagai gangguan yang sering terjadi pada mekanisme katup. Sepeda motor Honda Supra X 125 PGM-FI merupakan motor satu silinder dengan mekanisme katup SOHC dengan penggerak katup model timing chain dengan roda gigi sprocket yang menghubungkan poros engkol. Komponen pada mekanisme katup Honda Supra X 125 PGM-FI antara lain katup, pegas katup, dudukan katup, rocker arm dan shaft, penghantar katup dan juga poros bubungan (camshaft). Perubahan celah katup masuk akan mempengaruhi jumlah konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan putaran mesin pada tiap variasi celah katup masuk. Konsumsi yang paling rendah terjadi pada ukuran celah katup masuk 0,07 mm pada putaran mesin 1500 rpm yaitu 0,086 ml/dtk. Konsumsi yang paling banyak terjadi pada ukuran celah katup masuk 0,03 mm pada putaran mesin 2500 rpm yaitu 0,166 ml/dtk. Penyetelan celah katup yang baik yaitu pada kondisi ukuran celah katup masuk 0,05 mm yang merupakan standar spesifikasi dari mesin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mekanisme katup, konsumsi bahan bakar, penyetelan celah katup
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:11
Last Modified: 12 Sep 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item