Pengembangan Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang


Untung Purwanto, 6102909100 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model  Pembelajaran  Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa  Kelas  III SD Negeri  04  Belik  Kecamatan  Belik Kabupaten  Pemalang] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (22kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Model pengembangan yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Ujicoba dilaksanakan di persawahan. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 berjumlah 40 anak. Ujicoba dilaksanakan di persawahan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes keseimbangan gerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Keseimbangan gerak siswa kelas III SD Negeri 04 Belik Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik dari hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan angka rata-rata sebesar 85,63% dengan jumlah 40 sampel yang berkategori ”Baik Sekali”. Saran dalam penelitian ini 1) Bagi siswa hendaknya berusaha meningkatkan keseimbangan gerak sehingga dapat menunjang kemampuan belajar sekaligus prestasi belajar siswa; 2) Bagi orang tua hendaknya memperhatikan tingkat keseimbangan gerak anak dengan memberi gizi yang cukup serta mengarahkan anak untuk istirahat yang cukup; 3) Bagi sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana untuk meningkatkan keseimbangan gerak anak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:09
Last Modified: 12 Sep 2012 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15275

Actions (login required)

View Item View Item