Model Pembelajaran Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Lingkungan Pasir Kebun Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.


Musoip, 6102909098 (2011) Model Pembelajaran Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Lingkungan Pasir Kebun Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Lingkungan Pasir Kebun Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. ] Microsoft Word (Model Pembelajaran Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Lingkungan Pasir Kebun Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah menjadikan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pembelajaran Penjasorkes ini dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan luar sekolah untuk melatih permainan bola voli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran pasing bawah pada permainan bola voli melalui pendekatan lingkungan pasir kebun bambu pada siswa kelas IV SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal efektif untuk pembelajaran penjasorkes kelas IV SD“?. Sedangkan tujuannya adalah untuk menghasilkan model pembelajaran pasing bawah pada permainan bola voli melalui pendekatan lingkungan pasir kebun bambu yang efektif untuk pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan (2) mengembangkan bentuk produk awal, (berupa model pembelajaran keseimbangan gerak), (3) evaluasi para ahli (4) revisi produk awal, revisi produk setelah uji coba skala kecil (8 siswa), (5) uji coba skala besar (32 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba skala besar, (7) hasil akhir model pembelajaran permainan bola voli dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pasir kebun bambu siswa kelas IV SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotor dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Hasil penelitian berdasarkan uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjaorkes 81,33% (baik), ahli pembelajaran I 82,67% (baik), ahli pembelajaran II 84% (baik), uji coba skala kecil 92,00% (sangat baik), uji coba skala besar 94,67% (baik). Dari data dan landasan teori yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli melalui pendekatan lingkungan pasir kebun bambu dapat digunakan untuk pembelajaran penjas bagi siswa kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka telah dihasilkan model pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli melalui pendekatan lingkungan pasir kebun bambu pada siswa kelas IV SD yang efektif untuk pembelajaran penjasorkes di SD dan disarankan bagi guru Penjasorkes agar menggunakan produk tersebut untuk pembelajaran Pendidikan Jasamani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:07
Last Modified: 12 Sep 2012 01:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15273

Actions (login required)

View Item View Item