Pengembangan model pembelajaran lompat tinggi dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan


Slamet Mulyadi, 6102909097 (2011) Pengembangan model pembelajaran lompat tinggi dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan model pembelajaran lompat tinggi dalam  penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan  ] Microsoft Word (Pengembangan model pembelajaran lompat tinggi dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Permasalahan bagaimana bentuk model pembelajaran lompat tinggi dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukareja 01 di Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran lompat tinggi dalam Penjasorkes melalui lingkungan persawahan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukareja 01 di Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal terhadap pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran lompat tinggi dengan pertimbangan kebutuhan untuk menghasilkan produk pembuatan program pembelajaran lompat tinggi Siswa Kelas V SD Sukareja 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal yang di kembangkan di lingkungan persawahan. Adapun langkah–langkah yang akan dicapai oleh peneliti adalah sebagai berikut:1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan,2) mengembangkan produk kelompok kecil,3) Evaluasi dari para ahli Penjasorkes dengan menggunakan tehnik kuesioner, lalu analisis,4) Revisi uji coba skala kecil. Revisi ini digunakan untuk pelaksanaan pada uji coba skala besar,5) Uji coba skala besar,6)Revisi Produk akhir. Hasil akhir model penelitian pembelajaran lompat tinggi bagi Siswa Kelas V SD Sukareja 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal yang dihasilkan melalui pengisian angket dimasukan pada data. Hasil analisis data evaluasi para ahli penjas pada skala kecil, didapat rata rata presentase 90.67%. dengan kriteria baik. Pada uji coba skala kecil,didapat persentase pilihan jawaban yang sesuai 92.22%, sehingga produk model pembelajaran lompat tinggi dapat di gunakan untuk siswa Sekolah Dasar. Dan uji coba skala besar, didapat presentase pilihan jawaban yang sesuai 97.22%, dengan katagori sangat baik.Sehingga model pembelajaran lompat tinggi dapat dipergunakan di sekolah. Berdasarkan penelitian yang saya lakukan saya menyarankan:1) Model pembelajaran lompat tinggi sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran lompat tinggi untuk siswa SD.2) Pengguna model ini dilaksanakan seperti apa yang direncanakan sehinggga dapat mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.3) Model pembelajaran lompat tinggi jauh ini dapat memudahkan siswa melakukan lompat tinggi karena sesuai dengan karakteristik siswa.4) Bagi guru penjasorkes di SD diharapkan dapat mengembangkan model-model pembelajaran lompat tinggi yang lebih menarik lainnya untuk digunakan dalam pembelajaran atletik di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan model pembelajaran lompat tinggi
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:04
Last Modified: 12 Sep 2012 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item