Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang


Burhan Adi Purnomo., 6102909075 (2011) Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran pengenalan air dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan sungai pada siswa kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran pengenalan air dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan sungai pada siswa kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran pengenalan air melalui pendekatan lingkungan sungai yang berupa permainan menjala ikan dan lempar tangkap bola di sungai. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Ujicoba dilaksanakan di sungai. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 anak. Ujicoba dilaksanakan di sungai. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan di sungai. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pengenalan air di lingkungan sungai, diketahui berjalan menggunakan tali di dalam air dengan melawan arus ada 25 siswa yang memperoleh hasil “Baik”, atau 55,56% dari keseluruhan sampel siswa. Kemudian ada 17 siswa yang memperoleh hasil “Sedang” atau setara dengan 37,78% dan 3 siswa yang memperoleh hasil “Kurang” atau setara dengan 6,67% dari jumlah keseluruhan sampel siswa. Kemudian untuk hasil belajar pengenalan air di lingkungan sungai, diketahui bahwa untuk kegiatan lempar tangkap bola di dalam air untuk kategori “Baik” ada 22 anak atau sejumlah 49,89%, untuk kategori “Sedang” 17 anak atau sejumlah 37,78% dan kategori “Kurang” 6 anak atau sejumlah 13,33% dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 45 anak. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa “Tingkat pengenalan air siswa kelas III SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik. Saran dalam penelitian ini bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dan dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerakan tubuh yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pengenalan Air Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Sungai
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:00
Last Modified: 12 Sep 2012 01:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15268

Actions (login required)

View Item View Item