Model Pembelajaran Roll Depan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.


Wachidin, 6102909071 (2011) Model Pembelajaran Roll Depan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Roll Depan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Model Pembelajaran Roll Depan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimana model pembelajaran roll depan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran roll depan melalui pendekatan lingkungan persawahan supaya hasil belajar siswa lebih berkualitas. Pengembangan model pembelajaran roll depan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang dengan langkah-langkah yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk, (5) uji coba kelompok besar, (6) revisi produk akhir, (7) pengumpulan data, (8) hasil akhir model pembelajaran roll depan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Majakerta. Populasi penelitian berjumlah 43 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Sehubungan dengan populasi hanya 43 siswa yang berarti kurang dari 100 maka penelitian ini disebut penelitian populasi. Peneliti mengambil sampel seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif prosentase. Berdasarkan analisis deskriptif persentase, model pembelajaran roll depan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan adalah 83% telah berhasil. Komentar yang diberikan siswa maupun ahli penjasorkes secara umum menyatakan model pembelajaran roll depan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan sangat bagus/ sangat baik karena merangsang siswa melakukan gerakan motorik lebih efektif dan suasana pembelajaran menyenangkan. Penelitian ini sudah berhasil mengembangkan Model Pembelajaran Roll Depan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Majakerta Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Roll Depan melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 00:57
Last Modified: 12 Sep 2012 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item