Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru Biologi yang Bersertifikat Pendidik: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang


Ginanjar Puji Rahayu, 4401406568 (2012) Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru Biologi yang Bersertifikat Pendidik: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru Biologi yang Bersertifikat Pendidik: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang] Microsoft Word (Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru Biologi yang Bersertifikat Pendidik: Studi Kasus di SMA Negeri 3 Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Kompetensi pedagogik dan kepribadian guru merupakan komponen kunci profesionalitas guru biologi pasca program sertifikasi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa selama 2 tahun terakhir rata-rata nilai ujian akhir nasional (UAN) IPA lokasi penelitian di bawah rata-rata nilai dari SMA berstandar nasional (SSN). Siswa kurang bersedia menyebut pembelajaran biologinya masih berpusat pada guru tetapi tetap merasa biologi merupakan pelajaran hafalan yang cukup sulit dan menginginkan variasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik yang terkait dengan pengelolaan pembelajaran, dan (2) mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru biologi yang bersertifikat pendidik di SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru biologi bersertifikat pendidik di SMAN 3 Semarang yang dipilih berdasarkan lama mengajar, bersertifikat pendidik, dan memiliki tugas tambahan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Pemeriksaan kredibilitas validitas dan reliabilitas data hasil penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Aktivitas dalam analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Struktur RPP sudah cukup baik tetapi perencanaannya belum optimal mencerminkan hakikat sains; (2) Usaha guru dalam mengaktifkan siswanya cukup baik tetapi pelaksanaan pembelajaran yang memenuhi hakekat pembelajaran biologi dan berpusat pada siswa belum diterapkan sepenuhnya; (3) Guru biologi sudah melakukan kegiatan penilaian secara rutin tetapi belum menerapkan kegiatan penilaian otentik secara tepat. Kompetensi pedagogik masih dimaknai secara berbeda oleh guru biologi yang mengekspresikan pengelolaan pembelajarannya tersebut. Guru biologi telah menunjukkan adanya kematangan pribadi, akhlak dan keteladanan serta komitmen diri. Ekspresi kompetensi tersebut dipengaruhi faktor internal dan eksternal yang satu sama lain terkait. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru biologi dalam pengelolaan pembelajaran cukup baik secara administratif tetapi belum optimal dalam mengaplikasikan pengelolaan pembelajaran yang memenuhi hakikat sains. Guru telah menunjukkan adanya kemantapan dan integritas kepribadian yang cukup baik yang membawa guru mampu memahami pikiran dan perasaan orang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik dan kepribadian, guru biologi, sertifikasi, studi kasus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 07:45
Last Modified: 12 Sep 2012 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item View Item