Keefektifan Pembelajaran Berbasis Good Question Berbantuan LKS pada Pokok Bahasan Segiempat Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah


Yogi Estining Praja, 4101408130 (2012) Keefektifan Pembelajaran Berbasis Good Question Berbantuan LKS pada Pokok Bahasan Segiempat Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Berbasis Good Question Berbantuan LKS pada Pokok Bahasan Segiempat Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Berbasis Good Question Berbantuan LKS pada Pokok Bahasan Segiempat Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang pada umumnya dilaksanakan oleh guru lebih menekankan pada penyampaian materi yang harus dikuasai oleh siswa tanpa mengaitkan pengetahuan yang berkaitan dengan materi, sebagaimana pembelajar pada materi segiempat. Siswa langsung diberi materi baru untuk dicatat dan dipelajari, sehingga menuntut siswa untuk lebih banyak menghafal daripada memahami konsep. Pembelajaran berbasis good question dengan bantuan LKS adalah strategi pembelajaran yang dapat mengikutsertakan siswa dalam mengonstruk pengetahuannya. Permasalahan dalam penelitian ini difokuskan pada keefektifan pembelajaran matematika berbasis good question berbantuan LKS pada pokok bahasan segiempat terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Subah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis good question berbatuan LKS maupun dalam pembelajar langsung memenuhi KKM; (2) mengetahui rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran berbasis good question berbatuan LKS lebih baik dibanding dalam pembelajar langsung; (3) mengetahui rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis good question berbatuan LKS lebih baik dibanding dalam pembelajar langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 2 Subah. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran berbasis good question berbantuan LKS, dan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan klasikal (proporsi) pihak kanan, dan uji perbedaan rata-rata pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: (1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis good question berbatuan LKS maupun dalam pembelajar langsung memenuhi KKM; (2) rata-rata aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran berbasis good question berbatuan LKS lebih baik dibanding dalam pembelajar langsung, dimana rata-rata aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis good question sebesar 66,96% dikategorikan aktif, sedangkan yang diajar dengan pembelajaran langsung sebesar 57,44% dikategorikan cukup aktif; (3) rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis good question berbatuan LKS lebih baik dibanding dalam pembelajar langsung, dimana rata-rata hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran berbasis good question sebesar 72,42, dan yang diajar dengan pembelajaran langsung sebesar 64,42.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, LKS, pembelajaran berbasis good question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 00:39
Last Modified: 12 Sep 2012 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item