Model Pembelajaran Kecepatan Gerak Lari dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Pekauman 7 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Elli Arumsari, 6102909051 (2011) Model Pembelajaran Kecepatan Gerak Lari dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Pekauman 7 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Kecepatan Gerak Lari dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Pekauman 7 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana model pembelajaran kecepatan gerak lari dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai siswa kelas V SD Negeri Pekauman 7 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran kecepatan gerak lari dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pengembangan (research - based development) yang tujuan penggunaannya untuk pemecahan masalah praktis yang berorientasi pada produk. Dalam hal ini, model pembelajaran kecepatan gerak lari yang akan dilaksanakan di lingkungan pantai untuk melatih keseimbangan gerak dinamis dan statis yang dimodifikasi pada bentuk lapangan dan pembelajaran kecepatan gerak lari kedalam permainan berangkai pos, yaitu permainan “Cepat Dapat”. Pelaksanaan dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji coba skala kecil dan uji lapangan (skala besar). Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner untuk siswa dan lembar evaluasi ahli masing-masing sebanyak 15 butir pertanyaan. Subyek penelitian meliputi satu orang ahli pendidikan jasmani dan olahraga (Pembimbing Penjasorkes), dua orang ahli pembelajaran penjasokes (Guru Penjasorkes), siswa yang terlibat uji coba skala kecil berjumlah 12 orang, dan siswa yang terlibat dalam uji coba skala besar berjumlah 30 orang masing-masing siswa kelas V SD Negeri Pekauman 7 Kota Tegal. Berdasarkan hasil pengembangan produk awal model pembelajaran diperoleh 88% dari 12 siswa menyatakan model pembelajaran yang dilaksanakan sudah efektif dan layak digunakan. Adapun revisinya sebagai berikut : penggantian media pembelajaran yang lebih menarik dan menantang siswa untuk berusaha melewati setiap pos yang ada. Sehingga permainan “cepat dapat” lebih menarik dan menyenangkan. Setelah direvisi, dihasilkan produk akhir dengan hasil perolehan 94% dari 30 siswa dinyatakan bahwa model pembelajaran sangat efektif dan layak digunakan di lingkungan pantai. Sesuai hasil pengembangan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kecepatan gerak lari yang dimodifikasi ke dalam permainan dengan pendekatan lingkungan pantai efektif digunakan. Sehingga saran peneliti (1) sebaiknya model pembelajaran dibuat semenarik mungkin, baik media pembelajaran, sarana dan prasarana, maupun teknik pembelajaran, dan (2) penggunaan model pembelajaran ini harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan alat, media belajar, dan sumber belajar yang digunakan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, kecepatan gerak lari, Penjasorkes, pendekatan lingkungan pantai |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 07:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 07:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15249 |
Actions (login required)
View Item |