Pengelolaan Limbah Medis Benda Tajam di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang


Dwitya Kartika Putri, 6450407057 (2012) Pengelolaan Limbah Medis Benda Tajam di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengelolaan Limbah Medis Benda Tajam di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang,] Microsoft Word (Pengelolaan Limbah Medis Benda Tajam di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang,) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan menghasilkan limbah yang bersifat spesifik, yakni infeksius dan tajam. Limbah ini tidak hanya dapat menyebabkan luka gores maupun luka tusuk tetapi juga dapat menginfeksi luka jika benda ini terkontaminasi patogen. Sehingga perlu adanya pengelolaan limbah medis tajam secara benar dan aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan Kepmenkes RI Nomor: 1204/Menkes/SK/X/2004 pada pengelolaan limbah medis benda tajam di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatif. Obyek penelitian ini adalah pengelolaan limbah medis benda tajam di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama serta kebijakan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama mengenai manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dan manajemen kesehatan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya komitmen rumah sakit dalam sistem pengelolaan limbah medis benda tajam, sumber daya manusia masih belum sesuai bidangnya, sarana penunjang belum semua terpenuhi, pendanaan kurang cukup. Tahapan pengelolaan limbah secara keseluruhan sudah dilakukan dengan baik, namun pelabelan belum baik, tempat penyimpanan sementara perlu penambahan kontainer. Tempat pembuangan akhir tidak sesuai dan perlu perubahan metode menjadi sanitary landfill. Pelatihan, imunisasi, pemeriksaan kesehatan, dan sistem pencatatan belum berjalan dengan baik. Penyediaan APD belum sesuai dengan Kepmenkes RI Nomor: 1204/Menkes/SK/X/2004. Disarankan kepada rumah sakit untuk meningkatkan komitmen dalam pengelolaan limbah, melakukan restrukturisasi urusan penunjang medik, mengganti wadah botol dengan karton, melengkapi ruangan dengan alat pemotong jarum, melengkapi APD, menambah tempat penyimpanan limbah, memberikan pelatihan, memperbaiki sistem pencatatan dan pelaporan, memberikan program imunisasi dan pemeriksaan kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Limbah, Limbah Medis Benda Tajam, Kepmenkes RI
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Sep 2012 06:30
Last Modified: 11 Sep 2012 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15244

Actions (login required)

View Item View Item