Model Pembelajaran Gerak Kelincahan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Panggung 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011
Sri Naniek Haryanti, 6102909017 (2011) Model Pembelajaran Gerak Kelincahan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Panggung 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Gerak Kelincahan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Panggung 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana model pembelajaran gerak kelincahan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai siswa kelas V SD Negeri Panggung 6 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 - 2011. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran gerak kelincahan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pengembangan (research - based development) yang tujuan penggunaannya untuk pemecahan masalah praktis yang berorientasi pada produk. Dalam hal ini adalah model pembelajaran gerak dasar kelincahan yang dikembangkan melalui pendekatan lingkungan pantai untuk melatih keseimbangan gerak dinamis dan statis dengan dimodifikasi kedalam sebuah permainan yang menarik dan menyenangkan. Adapun pelaksanaannya terbagi ke dalam dua tahap, yaitu uji coba skala kecil dan uji lapangan (skala besar). Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner untuk siswa dan lembar evaluasi untuk ahli masing-masing sebanyak 15 butir pertanyaan. Subyek penelitian meliputi satu orang ahli Penjasorkes (Pembimbing), dua orang ahli pembelajaran Penjasokes (Guru Penjasorkes), siswa yang terlibat uji coba skala kecil berjumlah 16 orang, dan siswa yang terlibat dalam uji coba skala besar berjumlah 32 orang yaitu siswa kelas V SD Negeri Panggung 6 Kota Tegal. Berdasarkan hasil pengembangan produk awal model pembelajaran diperoleh 83% dari 16 siswa dapat melaksanakan model pembelajaran dengan baik, untuk itu layak digunakan pada skala besar. Berikut hasil revisi : penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar pantai dengan memprioritaskan segi keamanan dan kenyamanan siswa. Sehingga model pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Setelah direvisi, dihasilkan produk akhir dengan hasil perolehan 97% dari 32 siswa dapat melaksanakan model pembelajaran tersebut dengan sangat baik. Sesuai hasil pengembangan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak kelincahan yang dimodifikasi kedalam permainan melalui pendekatan lingkungan pantai layak digunakan. Sehingga saran peneliti adalah (1) hendaknya dalam pemilihan lingkungan sebagai sumber belajar disesuaikan dengan lingkungan fisik sekitar sekolah (2) penggunaan model pembelajaran ini harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan alat, media belajar, dan sumber belajar yang digunakan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, gerak kelincahan, Penjasorkes, pendekatan lingkungan pantai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 03:18 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 03:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15235 |
Actions (login required)
View Item |