Model Pembelajaran Gerak Kelincahan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Mangkukusuman 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Dwi Rina, 6102909013 (2011) Model Pembelajaran Gerak Kelincahan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Mangkukusuman 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Gerak Kelincahan dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Pantai Siswa Kelas V SD Negeri Mangkukusuman 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana model pembelajaran gerak kelincahan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai siswa kelas V SD Negeri Mangkukusuman 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran gerak kelincahan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pengembangan (research - based development) yang tujuan penggunaannya untuk pemecahan masalah praktis yang berorientasi pada produk. Dalam hal ini adalah model pembelajaran gerak dasar kelincahan yang dikembangkan melalui pendekatan lingkungan pantai untuk melatih keseimbangan gerak dinamis dan statis. Model pembelajaran tersebut dinamakan permainan “Dipatok Ayam” modifikasi permainan gobag sodor, yang terbagi ke dalam dua tahap, yaitu uji coba skala kecil dan uji lapangan (skala besar). Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner untuk siswa dan lembar evaluasi ahli masing-masing sebanyak 15 butir pertanyaan. Subyek penelitian meliputi satu orang ahli pendidikan jasmani dan olahraga (Pembimbing Penjasorkes), dua orang ahli pembelajaran penjasokes (Guru Penjasorkes), siswa yang terlibat uji coba skala kecil berjumlah 12 orang, dan siswa yang terlibat dalam uji coba skala besar berjumlah 24 orang masing-masing siswa kelas V SD Negeri Mangkukusuman 5 Kota Tegal. Berdasarkan hasil pengembangan produk awal model pembelajaran diperoleh 86% dari 12 siswa dapat melaksanakan model pembelajaran dengan baik, sehingga layak digunakan. Walaupun ada revisi, yaitu penggunaan media pembelajaran yang lebih menantang dan menarik, serta penambahan teknik gerak kelincahan yaitu lari zig-zag. Sehingga model pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Setelah direvisi, dihasilkan produk akhir dengan hasil perolehan 97% dari 24 siswa model pembelajaran sangat baik dan layak digunakan di lingkungan pantai. Sesuai hasil pengembangan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak kelincahan yang dimodifikasi kedalam permainan dengan pendekatan lingkungan pantai layak digunakan. Sehingga saran peneliti adalah (1) hendaknya dalam pemilihan lingkungan sebagai sumber belajar disesuaikan dengan lingkungan fisik sekitar sekolah (2) Penggunaan model pembelajaran ini harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan alat, media belajar, dan sumber belajar yang digunakan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, gerak kelincahan, Penjasorkes, pendekatan lingkungan pantai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 03:15 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 03:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15234 |
Actions (login required)
View Item |