Model Pengembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.


Fatikhatun, 6102909005 (2012) Model Pengembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pengembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. ] Microsoft Word (Model Pengembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah menjadikan proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pembelajaran Penjasorkes ini dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan luar sekolah untuk melatih keseimbangan gerak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal”? . Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan (2) mengembangkan bentuk produk awal, (berupa model pembelajaran keseimbangan gerak), (3) evaluasi para ahli (4) revisi produk awal, revisi produk setelah uji coba skala kecil (10 siswa), (5) uji coba skala besar (40 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba skala besar, (7) hasil akhir model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan siswa kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomor dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjaorkes 81,33% (baik), ahli pembelajaran I 81,33% (baik), ahli pembelajaran II 86,67% (baik). Sedangkan uji coba skala kecil 98% (sangat baik) dan hasil uji coba skala besar 97,5% (sangat baik). Selanjutnya hasil pengamatan model pembelajaran yang dibuat dapat meningkatkan aktifitas siswa yakni pada uji coba skala kecil sebesar 98% dan uji coba skala besar 99%. Faktor yang menjadikan model pembelajaran kelincahan lari dapat diterima siswa adalah bahwa lebih dari 90% siswa dapat mempraktikkan dengan baik. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan ini dapat digunakan bagi siswa kelas III SD Negeri Kaladawa 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasamani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembelajaran Keseimbangan Gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 03:08
Last Modified: 11 Sep 2012 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item View Item