STUDI KOMPARASI MODEL THINK PAIR AND SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI SMP NEGERI 5 KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011


SITI MASLIHAH , 3101407018 (2011) STUDI KOMPARASI MODEL THINK PAIR AND SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI SMP NEGERI 5 KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI MODEL THINK PAIR AND SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI SMP NEGERI 5 KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011] PDF (STUDI KOMPARASI MODEL THINK PAIR AND SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH DI SMP NEGERI 5 KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (6MB)

Abstract

Pendidikan sejarah sebagai wahana pendidikan berguna untuk pengembangan pribadi siswa sebagai anggota masyarakat dan warga negara serta mempertebal semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air. Melalui pendidikan sejarah, siswa juga diajak untuk menelaah keterkaitan kehidupan yang dialami oleh diri, masyarakat, dan bangsanya, bukan hanya menghafal fakta dan peristiwa sejarah yang merupakan bentuk pengulangan secara lisan dari buku pelajaran. Salah satu kunci agar pengajaran sejarah terlaksana dengan baik adalah tercipta sebuah proses pembelajaran yang berkualitas. Untuk mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas, dapat diterapkan model pembelajaran think pair and share dan model pembelajaran berbasis proyek. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kudus yang diberi pembelajaran dengan pendekatan kooperatif melalui think pair and share (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kudus yang diberi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran berbasis proyek (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan kooperatif melalui model think pair and share dan melalui pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain eksperimen pola Randomized Pre-test and Post-test Comparation Design (Desain Komparasi Pre-Test dan Post-Test secara Random). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen II. Dengan menggunakan data pre test dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata sebelum kelas tersebut mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran diakhiri dengan pos test. Pada analisis data tahap awal setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa relatif sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pos test kelas eksperimen I adalah 85,29 dan rata-rata kelas eksperimen II adalah 80,55. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Pada uji perbedaan dua rata-rata dua pihak diperoleh thitung= 2,132. Untuk α = 5% dan dk = (35+32-2) = 65 diperoleh t(0,975)(65) = 2,00. Karena thitung ≥ t (0,975)(65) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan diperoleh diperoleh thitung = 2,132. Untuk α = 5% dan dk = (35+32-2)= 65 diperoleh t(0,95)(65) = 1,67. Karena thitung ≥ t(0,950(65) maka H0 ditolak, hal ini berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I lebih baik daripada kelas eksperimen II. Jadi berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang diberi pembelajaran dengan model think pair and share dengan kelas yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek. Saran yang diberikan kepada guru agar lebih aktif mencari model-model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakter siswa untuk meningkakan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: think pair and share, pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar, pembelajaran IPS materi sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 07:39
Last Modified: 25 Apr 2015 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item