Pengembangan Model Permainan Kaskor Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sokaraja Wetan Kec. Sokaraja Kab. Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012


Novita Arjin Ratriningrum, 6101408103 (2012) Pengembangan Model Permainan Kaskor Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sokaraja Wetan Kec. Sokaraja Kab. Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Permainan Kaskor Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sokaraja Wetan Kec. Sokaraja Kab. Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengembangan Model Permainan Kaskor Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sokaraja Wetan Kec. Sokaraja Kab. Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Kasti merupakan salah satu alternatif pembelajaran permainan bola kecil di sekolah, namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah bentuk model pengembangan permainan kasti melalui permainan kaskor dalam pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sokaraja Wetan?”. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran kasti melalui permainan kaskor bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sokaraja Wetan dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 85,33% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 79,84% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 89,91% dengan kategori sangat baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan dan takut lagi ketika bermain kaskor. Selain itu, setelah melakukan permainan kaskor denyut nadi siswa meningkat lebih dari 70% dari denyut nadi maksimal. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan kaskor efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan model permainan kaskor ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kasti, Model Permainan Kaskor, Pengembangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 03:03
Last Modified: 11 Sep 2012 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15228

Actions (login required)

View Item View Item