Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Agus Sasmito, 7101408295 (2012) Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, diantarannya disiplin belajar dan lingkungan keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah disiplin belajar dan lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menafsirkan persamaan akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 88 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu disiplin belajar dan lingkungan keluarga, dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS for Windosws Relase 16.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin belajar siswa dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 74,20%, lingkungan keluarga siswa dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77,30%, dan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 67,57. Hasil penelitian menunjukan uji t atau uji parsial untuk variabel disiplin belajar diperoleh t hitung sebesar 4,956 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 22,4%. Untuk variabel lingkungan keluarga diperoleh t hitung sebesar 4,596 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar adalah sebesar 19,9%. Berdasarkan uji F atau uji simultan diperoleh F hitung sebesar 11,716 dengan 41,319 signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara simultan adalah sebesar 49,3% dan sisanya sebesar 50,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menafsirkan persamaan akuntansi kelas XI IPS. Saran dalam penelitian ini: Orang tua hendaknya lebih perhatian lagi dan memberikan kasih sayang terhadap pendidikan anaknya dan menanamkan sikap disiplin termasuk disiplin belajar, sehingga akan tercipta disiplin belajar pada diri anak yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 21:55
Last Modified: 10 Sep 2012 21:55

Actions (login required)

View Item