Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Power Point pada Pembelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi


Lutfiyatun, 7101408293 (2012) Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Power Point pada Pembelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) Berbantuan  Media Power Point pada Pembelajaran  Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi] Microsoft Word (Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Power Point pada Pembelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Alat dan metode pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang penting. Penerapan metode pembelajaran dan penggunaan alat bantu pembelajaran yang kurang tepat pada pokok bahasan tertentu dapat berdampak terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan metode pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan media power point dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan menyusun proposal usaha di kelas XI SMK N 1 Dukuhturi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan proposal usaha di kelas XI SMK Negeri 1 Dukuhturi melalui metode pembelajaran TPS berbantuan media power point. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Dukuhturi tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol tetap mnggunakan metode konvensional atau metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan metode TPS berbantuan media power point sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian terdiri dari metode pembelajaran, keaktifan belajar siswa, hasil belajar dan tanggapan metode. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil test, lembar observasi, dan penyebaran angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Persentase keaktifan pada keaktifan siswa pada kelas kontrol yaitu 46%, 50%, 54%, 58%, kelas eksperimen mengalami peningkatan setiap kali pertemuan yaitu 74%, 78%, 84%, dan 86%. Sedangkan. hasil belajar pada kelas kontrol yaitu rata-rata nilai pre test 67,30 dan rata-rata nilai post test 71,90. hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pre test 68,10 dan rata-rata nilai post test 80,31. Berdasarkan hasil penelian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada kedua kelas. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan menyusun proposal di kelas XI SMK N 1 Dukuhturi pada kelas eksperimen lebih efektif di bandingkan pada kelas kontrol. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: Guru dapat menggunakan metode TPS ini dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Keaktifan, dan Tanggapan Metode
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Sep 2012 01:53
Last Modified: 11 Sep 2012 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item