Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis Inquiry Learning Pada Materi Fungsi Pajak Dalam Perekonomian Nasional Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus


Widhi Netraning Pertiwi, 7101408234 (2012) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis Inquiry Learning Pada Materi Fungsi Pajak Dalam Perekonomian Nasional Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis Inquiry Learning Pada Materi Fungsi Pajak Dalam Perekonomian Nasional Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus] Microsoft Word (“Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbasis Inquiry Learning Pada Materi Fungsi Pajak Dalam Perekonomian Nasional Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pelajaran ekonomi termasuk salah satu rumpun pengetahuan sosial yang mana tujuannya memberikan pengetahuan socio culture masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki ketrampilan hidup secara mandiri. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 4 Kudus, pada bulan Januari 2012 guru masih menggunakan metode konensional dengan metode ceramah yang berlangsung satu arah saja. Sehingga hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus masih dibawah ketuntasan belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 baru mencapai 74,4% masih jauh dibawah batas minimal ketuntasan minimal (KKM) klasikal yaitu 85%. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbasis Inquiry Learning , kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Prosedur penelitian ini adalah berupa preetest, pemberian perlakuan pada proses pembelajaran dan post test.. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran STAD berbasis Inquiry Learning mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan menggunakan metode pembelajaran tersebut, siswa belajar secara aktif, belajar mengemukakan pendapatnya di depan teman-temannya dan juga di depan anggota kelompoknya. Melalui pembelajaran ini hasil belajar siswa dapat meningkat 14,96%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode pembelajaran cooperative tipe STAD (Student Teams-Achivement Division) berbasis Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi pajak dalam perekonomian nasional kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : guru dapat mengembangkan model pembelajaran cooperative tipe STAD (Student Teams-Achivement Division) berbasis Inquiry Learning pada materi lain dan juga dapat mengkolaborasikan dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga terdapat variasi materi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode STAD (Student Teams Achievement Division), Metode Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Sep 2012 01:45
Last Modified: 11 Sep 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item