Hubungan Peran Dosen Dan Cara Pembimbingan Dalam Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga

Ani Nurhayati,, 5401407023 (2012) Hubungan Peran Dosen Dan Cara Pembimbingan Dalam Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Skripsi merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam bentuk penelitian yang berhubungan dengan masalah yang sesuai dengan bidang studinya untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana. Berdasarkan buku pedoman akademik UNNES tahun 2010 mahasiswa bisa mengambil skripsi bila telah menempuh 90 SKS tanpa nilai E. Skripsi memiliki bobot 6 SKS yang biasanya ditempuh pada semester 7. Bobot 6 SKS ini menunjukan bahwa skripsi memerlukan konsentrasi yang lebih, menyita banyak waktu, tenaga dan biaya baik pada diri mahasiswa itu sendiri dan dosen pembimbing. Hasil evaluasi diri Prodi S1 PKK tahun 2009, masa penulisan skripsi mahasiswa S1 PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga cukup lama yaitu antara 2 – 4 semester, padahal idealnya ditempuh dalam waktu 6 bulan. Masa penulisan skripsi yang lama diduga karena mahasiswa kesulitan dalam menentukan masalah,kesulitan memperoleh referensi serta bimbingan yang tidak teratur. Kesulitan penyusunan skripsi tersebut didasari atas pernyataan mahasiswa prodi S1 PKK konsentrasi Tata Boga yang telah menempuh skripsi bahwa penulisan skripsi memerlukan peran dosen dan cara pembimbingan yang baik agar masa penulisan skripsi tidak berlangsung lama. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) peran dosen, cara pembimbingan dan masa penulisan skripsi, 2) hubungan peran dosen dengan masa penulisan skripsi, 3) hubungan cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi, 4) hubungan peran dosen dan cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi. Subyek Penelitian ini adalah alumni Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga sebanyak 30 diambil dengan teknik Quota Sample. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan angket terstruktur dan dianalisis dengan distribusi frekuensi, analisis korelasi sederhana, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian: a) Peran dosen dalam masa penulisan skripsi memiliki skor rerata 16,9 dengan kriteria cukup aktif, untuk cara pembimbingan dalam masa penulisan skripsi memiliki skor rerata 22,0 dengan kriteria cukup baik, dan skor rerata untuk masa penulisan skripsi adalah 12,4 bulan (2 semester), b) tidak ada hubungan yang signifikan antara peran dosen dengan masa penulisan skripsi dengan p = 0,077 (p>0,05), c) ada hubungan yang signifikan antara cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi dengan p = 0,000 (p<0,05) dan d) ada hubungan peran dosen dan cara pembimbingan dengan masa penulisan skripsi dengan p = 0,001 (p<0,05). Saran yang diajukan adalah 1) bagi mahasiswa Prodi PKK Konsentrasi Pendidikan Tata Boga, hendaknya bisa berhubungan baik dengan dosen pembimbing dan lebih aktif dalam melakukan bimbingan, 2) dosen menyediakan waktu bimbingan 2x seminggu, dan lebih melibatkan mahasiswa dalam kegitatan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Dosen, Cara pembimbingan, Masa Penulisan Skripsi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2012 20:38
Last Modified: 10 Sep 2012 20:38

Actions (login required)

View Item