Pengaruh kemandirian belajar dan penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding School Tahun Pelajaran 2011/2012
Apri Dwi Astuti, 7101408036 (2012) Pengaruh kemandirian belajar dan penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding School Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh kemandirian belajar dan penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding School Tahun Pelajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Kemandirian belajar membantu siswa untuk bertanggung jawab dan menumbuhkan kesadaran belajar. Penggunaan uang saku menumbuhkan jiwa mandiri, jujur dan komitmen. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta boarding school tahun pelajaran 2011/2012 kelas VII dan VIII SMP Semesta. 2) mengetahui pengaruh penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta boarding school tahun pelajaran 2011/2012.kelas VII dan VIII SMP Semesta. 3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta boarding school tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding School Semarang. Variabel penelitian ini adalah kemandirian belajar dan penggunaan uang saku sebagai variabel bebas, sedangkan untuk variabel terikat adalah prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi. Data diambil dengan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi guru. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian secara simultan menunjukkan adanya pengaruh antara kemandirian belajar dan penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi sebesar 51,3%. Secara parsial, pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi sebesar 66,2% dan pengaruh penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan penggunaan uang saku berpengaruh positif baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding school semarang tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu : 1) Sekolah disarankan untuk memberikan batasan siswa pulang ke rumah agar dapat membantu siswa beradaptasi dengan cepat dan mudah tinggal di asrama. 2) Orang tua disarankan untuk memberikan uang saku yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. 3) Siswa disarankan untuk meningkatkan kemandirian dalam aspek belajar terutama bagi mata pelajaran yang masih kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM)
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Penggunaan Uang Saku, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 05:16 |
Last Modified: | 10 Sep 2012 05:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15204 |
Actions (login required)
View Item |