Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.


Purnami Tri Wahyuni , 4301405020 (2009) Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.] PDF (Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.) - Published Version
Download (963kB)

Abstract

Metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan metode ini diharapkan dapat membuat pembelajaran kimia menjadi menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif. Permasalahan yang diteliti adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tahun ajaran 2008/2009, yang terdiri atas 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar siswa, dengan desain eksperimen control-group pretest-posttest. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Analisis awal menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, variansinya sama, dan rata-rata nilai pretestnya tidak berbeda. Analisis akhir memberikan hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Uji t, menunjukkan thitung kelompok eksperimen 29,448 sedangkan kelompok kontrol 22,078, berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry lebih baik. Hasil uji ketuntasan belajar kelompok eksperimen thitung (7,5072) > ttabel (2,0301) yang berarti pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan kelompok kontrol thitung (-0,3241) < ttabel (2,0301) yang berarti pembelajaran pada kelompok kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini juga mampu memberikan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,89%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2011 08:30
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item