Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Menghitung Pajak PPh dan PPnBM dengan STAD pada Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1
Ummamatul Khoiriyah, 7101406614 (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Menghitung Pajak PPh dan PPnBM dengan STAD pada Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Menghitung Pajak PPh dan PPnBM dengan STAD pada Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Kemampuan guru membelajarkan ekonomi secara bermakna, sehingga ekonomi menjadi mata pelajaran yang kurang menarik dan menantang. Menurut Sucihatiningsih menyatakan bahwa “sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar ekonomi”. Oleh karena itu guru ekonomi sekarang ini harus memahami dan menerapkan model- model pembelajaran terpadu sebagaimana kurikulum. Menurut Yus Irwan “Alasan kuat kita mempelajari ekonomi adalah karena dalam kehidupan sehari hari siapapun kita dan apapun pekerjaan yang kita lakukan selalu bersinggungan dengan ekonomi” Alasan lain yang juga dapat dikemukakan terkait dengan rendahnya nilai rata-rata yang dicapai siswa kelas XI IPS 3 MAN 01 Brebes yang 99,96% siswa belum mencapai KKM. dibandingkan dengan kelas yang lain kelas XI IPS 3 MAN 1 Brebes lebih banyak siswa yang belum mencapai KKM yaitu 65. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dikembangkan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Model pembelajaran STAD ini merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 siswa secara hiterogen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar menghitung pajak PPh dan PPnBM pada siswa kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran menghitung pajak PPh dan PPnBM dengan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1 yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari besarnya prosentase pada hasil lembar pengamatan pembelajaran siswa dan guru yang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Prosentase aktivitas siswa dilihat dari segi mempresentasikan hasil diskusi, menganalisis masalah, keaktifan dalam kelompok, merangkum tugas diakhir pelajaran pada siklus I sebesar 71% meningkat pada siklus II menjadi 81%. Sedangkan aktivitas siswa dilihat dari segi kehadiran, memperhatikan dan mendengarkan, saling bertanya dan saling menjelaskan, kerja sama kelompok dan kelompakan, memberi pendapat dan mengajukan pertanyaan pada siklus I memperoleh hasil 73% meningkat pada siklus II menjadi 80%. Hasil pengamatan terhadap aktivitas guru pada siklus I 78% meningkat menjadi 85% dengan kategori tinggi. Peningkatan nilai siswa, yaitu nilai rata – rata yang awalnya 61,30, siklus I 70,22 meningkat pada siklus II menjadi 75,65 dan ketuntasan belajar secara klasikal pre tes 13%, siklus I 83% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 MAN Brebes 1. Saran peneliti bagi guru, untuk menggunakan model pembelajaran STAD dan meningkatkan kreativitasnya dalam pelaksanaan program pembelajaran dan bagi siswa untuk lebih memahami secara mendalam semua mata pelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar menghitung pajak PPh dan PPnBM, STAD |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 02:50 |
Last Modified: | 10 Sep 2012 02:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15199 |
Actions (login required)
View Item |