Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada IKM Rokok Kretek di Kabupaten Jepara)

Agesti Wulandari, 7350408054 (2012) Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada IKM Rokok Kretek di Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Banyaknya perusahaan saat ini yang menyebabkan kelangsungan usaha mengalami tingkat persaingan yang tinggi, terutama industri yang memproduksi produk yang sejenis menyebabkan industri perlu meningkatkan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk agar perusahaan mempunyai superior value bagi pembeli dan superior performance bagi perusahaan sehingga tercapai kinerja pemasaran yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran secara parsial maupun simultan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah 103 IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 51 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode literatur, wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis yang terdiri dari Uji F (uji simultan) dan uji t (uji parsial) dengan program SPSS for windows versi 16. Hasil uji parsial dan simultan menunjukkan orientasi pelanggan mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,806 dengan sig. Hitung sebesar 0,007 < 0,05, orientasi pesaing mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,966 dengan sig. Hitung sebesar 0,005 < 0,05, inovasi produk mempunyai nilai probabilitas thitung sebesar 2,284 dengan sig. Hitung sebesar 0,027 < 0,05. Sedangkan uji simultan menunjukkan Fhitung sebesar 19,855 dengan taraf sig. Sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk secara simultan terhadap kinerja pemasaran pada IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan inovasi produk maka kinerja pemasaran pada IKM rokok kretek di Kabupaten Jepara akan semakin meningkat Saran yang dapat diberikan pada IKM rokok di Kabupaten Jepara perusahaan harus lebih mengadakan pendekatan konsumen, lebih memperhatikan SWOT dan lebih berani berinovasi pada produknya. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat menambah variabel misalnya lingkungan eksternal dan promosi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pemasaran, Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Inovasi Produk.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2012 22:30
Last Modified: 09 Sep 2012 22:37

Actions (login required)

View Item