Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe TAD Kelas IV Semester 2 SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010.
Ika Pratiwi Ariyanti , 1402908176 (2011) Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe TAD Kelas IV Semester 2 SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe TAD Kelas IV Semester 2 SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010.)
- Submitted Version
Download (372kB) |
Abstract
Dari hasil studi di kelas IV SDN 02 Tanjungsari Pemalang, hasil belajar yang dicapai siswa pada mata pelajaran IPS belum optimal. Berdasarkan nilai yang diperoleh beberapa siswa dari setiap ulangan di semester 1 masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu < 65. Untuk meningkatkan hasil belajar, maka penelitian menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divission). Dari jumlah siswa sebanyak 27 orang hanya 15 orang siswa yang tuntas atau sekitar 56% dan sisanya sebanyak 12 orang siswa belum tuntas (44%). Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah:“ Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang pada mata pelajaran IPS ?” dan “Apakah dengan menggunakan mdel pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan performansi guru di SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV semester 2 dan mendorong guru melakukan variawsi dan inovasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran IPS. Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student Teams Achievement Divission (STAD). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 27 orang. Penelitian terdiri dari dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan. Siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan data kualittatif dan data kuantitatif berupa lembar pengamatan dan hasil tes formatif siswa. Indikator keberhasilan adalah jika rata-rata kelas sekurang-kurangnya 65. persentase tuntas klasika sekurang-kurangnya 70% (minimal 70% siswa memperoleh skor > 65), ketidakhadiran siswa maksimal 10%, keberanian siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan dari guru lebih dari 50%, ketertian siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivement divission (STAD) lebih dari 75% serta informasi guru dalam pembelajaran minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivement divission (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Tanjungsari Pemalang. Dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal dari 62,96% menjadi 92,59%. Rata-rata kelas meningkat dari 63,45 menjadi 75,74 dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivement divission (STAD) aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Tanjungsari Pemalang meningkat dari 55% menjadi 60%. Serta meningkatnya performansi guru dari 75% menjadi 92,5%. Disarankan pada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivement divission (STAD) pada materi pokok permasalahan sosial kelas IV dan materi lain untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa dan performasi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Permasalahan sosial |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 08:32 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |