Analisis Representasi Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (Salingtemas) dalam Buku Ajar Biologi Kelas XI di SMA Negeri Sekota Semarang
Dian Pratiwi, 4401407071 (2012) Analisis Representasi Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (Salingtemas) dalam Buku Ajar Biologi Kelas XI di SMA Negeri Sekota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Analisis Representasi Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (Salingtemas) dalam Buku Ajar Biologi Kelas XI di SMA Negeri Sekota Semarang)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Buku ajar merupakan salah satu sumber belajar. Penyusunan buku ajar disesuaikan dengan KTSP. Buku ajar yang digunakan di sekolah dalam proses pembelajaran hendaknya dalam penyajiannya memenuhi tuntutan kurikulum yang sesuai dengan standar isi. Standar isi dalam KTSP untuk mata pelajaran biologi menyajikan 4 standar kompetensi, 3 diantaranya mengaitkan konsep biologi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi salingtemas dalam substansi materi dan latihan buku ajar biologi kelas XI serta kesesuaian kelayakan isi, bahasa, penyajian dengan instrumen penilaian buku teks pelajaran dari BSNP Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode content analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua buku ajar biologi yang digunakan guru biologi kelas XI dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri sekota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu mengambil buku dengan persentase penggunaan terbanyak. Diperoleh sampel buku Biologi 2 terbitan ESIS (buku ajar 1) dan Biologi terbitan Erlangga (buku ajar 2). Hasil penelitian menunjukkan tingkat representasi salingtemas dalam substansi materi dan latihan pada buku ajar biologi kelas XI adalah sedang dengan perolehan persentase buku ajar 1 sebesar 48,33% dan buku ajar 2 sebesar 48,135%. Kesesuaian isi, bahasa dan penyajian buku ajar biologi kelas XI dengan instrumen penilaian buku teks pelajaran pendidikan dasar dan menengah dari BSNP dalam buku ajar 1 memiliki rata-rata pemenuhan sebesar 86,21%, buku ajar 2 sebesar 89,09% dengan kriteria sangat sesuai. Kesimpulan penelitian ini menunjukan tingkat representasi salingtemas dalam substansi materi dan latihan pada buku ajar biologi kelas XI adalah sedang dan kesesuaian isi, bahasa, penyajian dalam buku ajar biologi kelas XI dengan instrumen penilaian buku teks pelajaran pendidikan dasar dan menengah dari BSNP adalah sangat sesuai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar biologi kelas XI, salingtemas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 01:55 |
Last Modified: | 10 Sep 2012 01:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15184 |
Actions (login required)
View Item |