Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Media Kartu Soal Materi Organisasi Kelas V Semester II SDN Dukuhturi 03 Bumiayu Brebes.


Yuliana Isnaysari, 1402908170 (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Media Kartu Soal Materi Organisasi Kelas V Semester II SDN Dukuhturi 03 Bumiayu Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Media Kartu Soal Materi Organisasi Kelas V Semester II SDN Dukuhturi 03 Bumiayu Brebes] PDF (Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Media Kartu Soal Materi Organisasi Kelas V Semester II SDN Dukuhturi 03 Bumiayu Brebes) - Submitted Version
Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa hasil belajar PKn SDN Dukuhturi 03 rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran PKn, guru hanya menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan media dalam pembelajarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dukuhturi 03 kab.Brebes pada mata pelajaran PKn khususnya materi organisasi setelah menggunakan media kartu soal dalam pembelajarannya”. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn dan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N Dukuhturi 03 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap penelitian tindakan kelas dalam setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui lembar kegiatan siswa, tes formatif, lembar pengamatan, lembar instrumen evaluasi dan indikator keberhasilan seperti rata – rata kelas ≥ 65, tuntas klasikal sekurang – kurangnya ≥70 %. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran materi organisasi . Pada siklus I nilai rata – rata 67,24 atau 69% dengan 68,96% siswa yang memperoleh skor ≥70 untuk skor aktivitas siswa rata – rata 77 dan skor performansi guru mencapai 71,87, sedangkan pada siklus II mencapai 87,58 atau 93,10% siswa yang memperoleh skor ≥70 untuk skor aktivitas siswa rata – rata 84,2 dan skor performansi guru mencapai 86,62. Simpulan dari penetilian ini adalah meningkatnya seluruh aspek kegiatan yang telah ditetapkan dan hasil belajar siswa, seperti rata – rata kelas ≥65 tuntas klasikal ≥70 %. Maka penulis menyaranlan kepada semua guru di SD Negeri Dukuhturi 03 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam memberikan pembelajaran PKn pada materi organisasi menggunakan media kartu soal .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Soal,Peningkatan Hasil Belajar PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2011 07:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item