Keefektifan Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VII pada Materi Segiempat


Pardaningsih, 4101408176 (2012) Keefektifan Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VII pada Materi Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VII pada Materi Segiempat] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Alat Peraga terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas VII pada Materi Segiempat) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran adalah motivasi belajar dan strategi pembelajaran. Motivasi belajar yang rendah dan strategi pembelajaran yang tidak sesuai akan menghambat proses pembelajaran. Sementara itu motivasi belajar peserta didik SMP N 1 Ambarawa masih rendah dan pembelajaran di kelas dirasa membosankan, sehingga diperlukan pembelajaran inovatif untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Dalam penelitian ini pembelajaran yang digunakan adalah POE. POE memiliki 3 langkah yaitu predict, observe dan explain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas yang menggunakan pembelajaran POE dapat mencapai KKM, untuk mengetahui apakah pembelajaran POE efektif terhadap motivasi belajar, dan untuk mengetahui apakah pembelajaran POE efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Ambarawa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan strategi POE berbantuan alat peraga dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol diberi strategi ekspositori. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dengan tes tertulis dan data motivasi belajar diperoleh dengan angket. Metode analisis data menggunakan uji z dan uji t. Berdasarkan uji proporsi diperoleh zhitung = 1,92, sedangkan z0,5- = z0,45 = 1,64, dengan demikian, zhitung > ztabel. Ini berarti persentase ketuntasan belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih dari 75%. Dari hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata tingkat motivasi belajar diperoleh thitung = 2,37 > ttabel = 1,99, ini berarti rata-rata tingkat motivasi belajar peserta didik setelah mendapat pembelajaran POE lebih tinggi dibanding sebelumnya. Dari hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata nilai tes diperoleh thitung = 2,12 > ttabel = 1,99, ini berarti nilai rata-rata tes kelas eksperimen lebih baik bibanding kelas kontrol. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu nilai tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas yang menggunakan pembelajaran POE dapat mencapai KKM dan pembelajaran POE efektif terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Saran yang dapat diberikan antara lain agar pembelajaran POE dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, POE, Alat Peraga, Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 01:23
Last Modified: 10 Sep 2012 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15179

Actions (login required)

View Item View Item