Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Refrigerator Teknik Pendingin Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Agung Kristianto, , 5301408078 (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Refrigerator Teknik Pendingin Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dalam dunia pendidikan penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. Metode penyampaian materi mata kuliah Teknik Pendingin yang diterapkan saat ini sebagian besar masih menggunakan metode ceramah, praktikum dan penugasan materi perkuliahan. Penggunaan metode tersebut dinilai kurang interaktif. Pemanfaatan makromedia flash 8 profesional sebagai media pembelajaran interaktif mata kuliah Teknik Pendingin, akan dapat bermanfaat pada kemudahan pemahaman materi yang dipelajari, salah satu materinya adalah prinsip kerja dari refrigerator. Permasalahannya bagaimana kelayakan media pembelajaran interaktif refrigerator teknik pendingin jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Data dikumpulkan dengan teknik angket baik tertutup maupun terbuka. Media elektronik ini diujicobakan pada responden mahasiswa, dan dosen pakar media serta dosen pengampu mata kuliah teknik pendingin. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Menurut hasil penelitian dari responden secara keseluruhan, media pempelajaran refrigerator pada mata kuliah teknik pendingin ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dosen pakar media memberikan nilai 78,33% pada aspek kriteria kualitas teknis dan 83,64% pada aspek kriteria tampilan program. Dosen pengampu mata kuliah Teknik Pendingin memberikan nilai 87,5% pada aspek kriteria pendidikan. Sedangkan dari responden mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro sebanyak 30 orang dari konsentrasi arus kuat, memberikan nilai 81,85% pada aspek kriteria kualitas teknis, 82,67% pada aspek kriteria tampilan program dan 83,14% pada aspek kriteria pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa menurut mahasiswa dan dosen, media pempelajaran refrigerator pada mata kuliah teknik pendingin ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Namun masih terdapat kekurangan-kekurangan seperti perintah ”ENTER” pada halaman intro membingungkan, komposisi tampilan program kurang proporsional, suara narasi kurang jelas, suara musik (backsound) terlalu slow, tidak ada identitas jurusa, tidak ada keterangan gambar atau video animasi, tidak ada quis disetiap pokok pembahasan. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan sepeti mengganti perintah “ENTER” dengan kata “SKIP”, mengatur ulang komposisi tampilan, memperkecil suara backsound, memberikan pilihan musik yang ngebit, memberikan identitas jurusan, memberikan keterangan gambar dan video serta memberikan quis disetiap pokok pembahasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, pembelajaran, refrigerator, teknik pendingin
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 03:57
Last Modified: 07 Sep 2012 03:57

Actions (login required)

View Item