Media Pembelajaran Interaktif SIDOEL (Simulasi dan Demonstrasi Elektronika) Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Elektronika Pada SMP Negeri 2 Tanggungharjo Purwodadi.

Agung Tegar Pribadi, , 5301408076 (2012) Media Pembelajaran Interaktif SIDOEL (Simulasi dan Demonstrasi Elektronika) Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Elektronika Pada SMP Negeri 2 Tanggungharjo Purwodadi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Peran pendidikan dalam menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis sangatlah penting. Selain peningkatan pemahaman dan kesiapan pendidik terhadap pelaksanaan kurikulum yang berlaku, pemilihan metode yang tepat serta optimal merupakan jalan yang dapat membawa perubahan pembelajaran yang lebih baik. Dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar diharapkan siswa akan lebih tertarik perhatiannya dalam mengikuti pelajaran, karena pada dasarnya konsep dari media pembelajaran adalah bagaimana membuat siswa merasa nyaman, tertarik, dan berinteraktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran sebagai pendukung proses pembelajaran mata pelajaran elektronika pada SMP Negeri 2 Tanggungharjo Purwodadi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan metode pengumpulan data angket dan observasi yang digunakan untuk mengetahui apakah media pembelajaran layak digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran mata pelajaran elektronika pada SMP Negeri 2 Tanggungharjo Purwodadi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Ujicoba yang telah dilakukan kepada pakar multimedia didapatkan prosentase keseluruhan 85% dengan rincian kriteria pendidikan 81,25%, kriteria tampilan program 84,09%, dan kriteria kualitas teknis 95,84%. menurut pakar materi (subject matter) didapatkan prosentase keseluruhan 91,25% dengan rincian kriteria pendidikan 89,58%, kriteria tampilan program 90,90%, dan kriteria kualitas teknis 95,84%. Hasil uji coba pada siswa untuk mencari tanggapan siswa terhadap media pembelajaran didapatkan 85,46%. Media pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh para pakar yang terdiri dari pakar multimedia dan pakar materi (subject matter). Pakar multimedia maupun pakar materi menilai bahwa kelayakan media pembelajaran ini terletak pada kategori sangat layak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran mata pelajaran elektronika pada SMP Negeri 2 Tanggungharjo Purwodadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, SIDOEL (Simulasi dan Demonstrasi Elektronika)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 03:54
Last Modified: 07 Sep 2012 03:54

Actions (login required)

View Item