Sistem Pengereman pada Modifikasi Kendaraan Roda Tiga 125 cc


Setiawan Adi Artha, 5250308004 (2011) Sistem Pengereman pada Modifikasi Kendaraan Roda Tiga 125 cc. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Sistem Pengereman pada Modifikasi Kendaraan Roda Tiga 125 cc] Microsoft Word (. Sistem Pengereman pada Modifikasi Kendaraan Roda Tiga 125 cc) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah (1) mengetahui komponen yang terdapat pada rem modifikasi kendaraan roda tiga 125 cc, (2) mengetahui cara kerja rem pada modifikasi kendaraan roda tiga 125 cc, (3) mengetahui kekuatan pengereman modifikasi kendaraan roda tiga 125 cc. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah melalui eksperimen dengan cara pembongkaran, perakitan, dan pengukuran komponen-komponen rem dan kekuatan rem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan studi pustaka. Simpulan dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah (1) Pada rangkaian rem tromol terdiri dari (a) Brake pedal (pedal rem), (b) Operating rod (batang penghubung), (c) Brake lever (tuas rem), (d) Brake shoe (sepatu rem), dan (e) Drum (tromol), sedangkan rangkaian rem cakram terdiri atas 4 komponen utama, diantaranya adalah Boster, Master Silinder, Kaliper, dan piringan (Disc Brake). (2) Cara kerja rem pada kendaraan modifikasi roda tiga 125 c pada prinsipnya sama dengan rem mobil karena satu gandar (gardan) mempunyai dua roda. (3) Kekuatan rem pada kendaraan modifikasi roda tiga 125 cc sebanding dengan energi kinetik yang diperlukan yaang sebanding dengan ½ massa kali kecepatan kendaraan dikuadratkan, atau hasil perkalian massa total kendaraan dengan laju perlambatan dan percepatan gravitasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem pengereman, modifikasi, kendaraan roda tiga
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 06:54
Last Modified: 07 Sep 2012 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item