Pengaruh Kelengkapan Peralatan Menggambar terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Menggambar Mesin Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2008

Taufik Muhaemin,., 5201405053 (2009) Pengaruh Kelengkapan Peralatan Menggambar terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Menggambar Mesin Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan empat permasalahan yaitu: Bagaimana kelengkapan peralatan menggambar? Bagaimana prestasi belajar mata kuliah menggambar mesin? Apakah terdapat pengaruh kelengkapan peralatan menggambar terhadap prestasi belajar? Seberapa besar pengaruh tersebut pada mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2008 Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi peralatan menggambar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2008, untuk mengetahui prestasi belajarnya, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kelengkapan peralatan menggambar terhadap prestasi belajar mahasiswa progam studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2008, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut bila terdapat pengaruh. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2008 Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang dengan jumlah mahasiswa 123 mahasiswa. Sampel diambil dengan metode proportional random sampling dari semua rombel untuk mata kuliah menggambar mesin. Banyaknya sampel diambil dengan rumus slovin, dan didapat sampel penelitian 55 mahasiswa. Hasil analisis data didapatkan bahwa kondisi peralatan menggambar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2008 masih sangat kurang. Kebanyakan dari mereka hanya mempunyai kelengkapan peralatan dengan kriteria kurang lengkap. Hal ini tidak berpengaruh banyak terhadap prestasi belajar mereka. Kebanyakan dari mereka mempunyai prestasi belajar dengan kriteria lebih dari cukup Dari hasil analisis data juga diketahui bahwa terdapat pengaruh kelengkapan peralatan menggambar terhadap prestasi belajar mata kuliah menggambar mesin. Besar pengaruhnya adalah 10,89% yang dipengruhi oleh kelengkapan peralatan menggambar dan 89,11% dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel yang terdapat pada persamaan tersebut. Untuk itu bagi para guru maupun dosen yang mengampu pelajaran menggambar mesin mewajibkan kepada siswa ataupun mahasiswa agar membeli peralatan menggambar yang disarankan sehingga nilai belajar bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menggambar Mesin
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 02:17
Last Modified: 07 Sep 2012 02:17

Actions (login required)

View Item