Rancang Bangun Siklon sebagai Penyaring Partikel pada Gasifier Sekam Padi dengan Metode Perry


Oktiva Dwi Cahyono, , 5201405026 (2011) Rancang Bangun Siklon sebagai Penyaring Partikel pada Gasifier Sekam Padi dengan Metode Perry. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Rancang Bangun Siklon sebagai Penyaring Partikel pada Gasifier Sekam Padi dengan Metode Perry] Microsoft Word (Rancang Bangun Siklon sebagai Penyaring Partikel pada Gasifier Sekam Padi dengan Metode Perry) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Gasifikasi merupakan proses konversi bahan bakar padat atau cair menjadi bahan bakar gas dengan pemanasan dalam media gasifikasi seperti udara, oksigen atau uap. Negara kita ini banyak terdapat bahan baku sekam padi. Banyaknya bahan baku sekam padi, maka sekarang ini Fakultas Teknik UNNES telah membuat alat gasifikasi sekam padi. Permasalahan dari alat gasifikasi sekam padi yang telah dibuat adalah partikel hasil pembakaran sekam padi dalam gasifier kurang sempurna tersaring oleh siklon. Metode Perry adalah salah satu metode perancangan untuk membuat siklon. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun siklon dan juga mengetahui efisiensi aktual kinerja siklon dengan metode Perry sebagai penyaring partikel pada gasifier sekam padi. Metode pengumpulan data awal, perhitungan dan mengganbar geometri siklon merupakan metode yang dipergunakan dalam penelitian ini. Pengambilan data awal meliputi ukuran diameter partikel sekam padi, kecepatan udara masuk siklon, dan suhu udara masuk siklon. Penggambaran geometri siklon dilakukan dengan software Autocad. Sedangkan pada eksperimen dilakukan pengumpulan data untuk menghitung diameter partikel abu sekam padi yang tersaring dan efisiensi secara aktual. Telah dirancang dan dibuat sebuat siklon penyaring partikel abu sekam padi dengan geometri Dc = 7 inci, Bc = 1,75 inci, Hc = 3,5 inci, De = 3,5 inci, Lc = 14 inci, Sc = 0,88 inci, Zc = 14 inci, dan Jc = 2 inci. Sedangkan dari eksperimen didapatkan efisiensi aktual siklon mencapai 100 %, karena siklon yang telah dibuat dapat menyaring semua partikel hasil pembakaran sekam padi. Saran perlu adanya pembanding metode yang lain agar diharapkan sebuah siklon dapat dibuat dengan kinerja yang terbaik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rancang bangun, Siklon, Gasifier, Metode Perry
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 06:14
Last Modified: 07 Sep 2012 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item