Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM) Berbantu Media Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Daudi Sidiq,, 5101408019 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM) Berbantu Media Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pemikiran kreatif dan inovatif tentunya diperlukan untuk mendapatkan hasil dari proses pendidikan yang maksimal. Inovatif ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, model pembelajaran dan metode pembelajaran. Media visual dapat memperlancar pemahaman, memperkuat ingatan, menumbuhkan minat dan memberikan hubungan antara isi meteri pelajaran dengan dunia nyata, maka disusunlah sebuah media visual yang dipadukan dengan model PAIKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dengan penerapan model PAIKEM berbantu media visual di kelas X gambar bangunan semester 2 SMK Negeri 4 Semarang pada materi pokok macam-macam pintu dan jendela. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X gambar bangunan SMK N 4 Semarang. Penunjukan kelas dengan perlakuan yang berbeda yaitu kelas X Gb 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diterapkan model PAIKEM dengan media visual, kelas X Gb 1 sebagai kelas eksperimen 2 yang diterapkan model konvensional dengan media visual, dan kelas X Gb 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter, observasi, dan tes. Variabel dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar. Rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol berturut-turut adalah 80,67; 77,42 dan 64,17. Setelah dilakukan perhitungan uji t diperoleh bahwa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar ilmu bangunan gedung peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peserta didik kelas kontrol dan nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa model PAIKEM dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik jika diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, PAIKEM, media visual.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 21:57
Last Modified: 06 Sep 2012 21:57

Actions (login required)

View Item