Hubungan antara Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi PT. HOLI KARYA SAKTI Semarang


Priska Maryati, 1550406534 (2012) Hubungan antara Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi PT. HOLI KARYA SAKTI Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan antara Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi PT. HOLI KARYA SAKTI Semarang] Microsoft Word (Hubungan antara Kelelahan Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi PT. HOLI KARYA SAKTI Semarang) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Produktivitas tenaga kerja tidak mungkin mencapai 100%, karena adanya faktor kelelahan dari tenaga kerja. Lelah bagi setiap orang akan mempunyai arti tersendiri dan bersifat subyektif karena terkait dengan perasaan. Faktor yang mempengaruhi terjadinya kelelahan kerja antara lain yaitu keadaan monoton, beban kerja, keadaan lingkungan, dan faktor individu. PT. Holi Karya Sakti bergerak dalam bidang industri perajutan dimana produk yang dihasilkan adalah perlengkapan musim dingin dan perlengkapan olah raga. PT. Holi Karya Sakti mengharapkan dapat meminimalkan kerusakan yang terjadi dalam menghasilkan produknya. Walaupun segala proses produksinya direncanakan dan dilaksanakan dengan baik, karena sesuatu hal dapat mengakibatkan kualitas dari hasil akhir tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Pihak manajemen PT. Holi Karya Sakti menetapkan bahwa maksimal hasil produksi yang tidak memenuhi spesifikasi atau terjadinya kerusakan produk adalah 0,7 persen. Berdasarkan latar belakang tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara Kelelahan Keja dan Produktivitas Kerja. Penelitian ini dilaksanakan di PT. HOLI KARYA SAKTI Semarang. Subjek penelitian berjumlah 110 karyawan yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Kelelahan kerja diukur dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner kelelahan kerja mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,799 dan mempunyai item yang valid sejumlah 29. Produktivitas kerja diukur menggunakan pencatatan hasil. Hasil penelitian menunjukkan variabel kelelahan kerja pada subjek penelitian berada pada kategori sedang yang berarti kelelahan yang terjadi pada diri karyawan rendah. Variabel produktivitas kerja pada subjek penelitian berada pada kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kelelahan kerja dengan produktivitas kerja dengan nilai r = -0,482 dengan nilai signifikansi atau p = 0,000. Saran untuk karyawan PT. HOLI KARYA SAKTI Semarang dapat lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan dapat lebih meningkatkan produktivitas kerja. Sedangkan saran untuk perusahaan adalah lebih memperhatikan fasilitas, tata ruang yang mendukung dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja dan melakukan pemerikasaan kesehatan rutin terhadap karyawan. Peneliti yang berminat melakukan penelitian dengan topik yang sama dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelelahan Kerja, Produktivitas Kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 01:55
Last Modified: 07 Sep 2012 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item