Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Atasan Terhadap Disilpin Kerja Pegawai (Studi Di Kantor Dinas Kelautan Dan Pertanian Kota Tegal)


Amalia Rosanti, 1550406521 (2012) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Atasan Terhadap Disilpin Kerja Pegawai (Studi Di Kantor Dinas Kelautan Dan Pertanian Kota Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Atasan Terhadap Disilpin Kerja Pegawai (Studi Di Kantor Dinas Kelautan Dan Pertanian Kota Tegal)] Microsoft Word (Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Atasan Terhadap Disilpin Kerja Pegawai (Studi Di Kantor Dinas Kelautan Dan Pertanian Kota Tegal)) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Manusia di dalam suatu organisasi dipandang sebagai sumber daya. Tenaga kerja yang bekerja sesuai dengan fungsinya akan menunjang tercapai keberhasilan tujuan organisasi. Sama halnya dengan organisasi lain, Dinas Kelautan Dan Pertanian Kota Tegal merupakan suatu organisasi atau instansi yang melibatkan kerjasama antara pimpinan serta pegawainya. Dalam organisasi, faktor kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting karena pemimpin itulah yang akan menggerakkan dan mengarahkan organisasi dalam mencapai tujuan. Gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh pemimpin juga berpengaruh terhadap tingkat disiplin kerja pegawainya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan gaya kepemimpinan atasan terhadap disiplin kerja pegawai Kantor Dinas Kelautan Dan Pertanian Kota Tegal. Subjek penelitian berjumlah 50 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sample. Gaya kepemimpinan demokratis atasan diukur dengan menggunakan skala gaya kepemimpinan demokratis atasan. Skala gaya kepemimpinan atasan mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,949. Skala gaya kepemimpinan atasan mempunyai 23 aitem valid dari aitem awal sejumlah 28 aitem. Sedangkan disiplin kerja pegawai diukur dengan menggunakan skala disiplin kerja pegawai. Skala disiplin kerja pegawai mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,955. Skala disiplin kerja pegawai mempunyai 42 aitem valid dari aitem awal sejumlah 55 aitem. Uji korelasi menggunakan teknik analisis regresi yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel gaya kepemimpinan demokratis atasan pada subjek penelitian berada pada kategori tinggi, yang berarti bahwa gaya kepemimpinan demokratis atasan yang dimiliki pimpinan tinggi. Variabel disiplin kerja pegawai pada subjek penelitian berada pada kriteia tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan demokratis atasan dengan disiplin kerja pegawai dengan nilai r = 0,914 dengan nilai signifikansi atau p = 0,00.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan demokratis atasan, disiplin kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 01:46
Last Modified: 07 Sep 2012 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item