Efektifitas Pelatihan Public Speaking terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Komunikasi Publik pada Fasilitator Experience Learning (outbound) PT HUCLE Consulting Semarang


Imam Firmansyah, 1550405076 (2012) Efektifitas Pelatihan Public Speaking terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Komunikasi Publik pada Fasilitator Experience Learning (outbound) PT HUCLE Consulting Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Pelatihan Public Speaking  terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Komunikasi Publik  pada Fasilitator Experience Learning (outbound) PT HUCLE Consulting Semarang] Microsoft Word (Efektifitas Pelatihan Public Speaking terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Komunikasi Publik pada Fasilitator Experience Learning (outbound) PT HUCLE Consulting Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang fasilitator adalah kemampuan yang baik dalam komunikasi. Terutama pada group fasilitator, translator dan conselor. Dimana instruktur harus berhadapan langsung dengan group atau individu lain. Komunikasi mempengaruhi perubahan perilaku, cara hidup, hidup masyarakat dan nilai-nilai yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan public speaking efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang public speaking pada fasilitator experience learning PT HUCLE Consulting. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 9 orang, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Uji statistik yang digunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan public speaking efektif dalam peningkatan pengetahuan tentang public speaking pada tenaga instruktur outbound PT HUCLE (p=0,029<0,05). Hasil yang diperoleh menunjukkan dari 9 orang mengikuti pelatihan terdapat 6 orang mengalami peningkatan hasil post test daripada hasil pre testnya dan hanya 2 orang yang hasil post test lebih rendah daripada hasil pre testnya serta hanya 1 orang yang memiliki hasil post test sama dengan hasil pre testnya. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang sama, hendaknya menggunakan tidak hanya satu alat test, mampu memberikan kriteria pengambilan subjek yang lebih ketat, seperti adanya kriteria jenis kelamin, pengalaman dan kemampuan awal yang dapat dimungkinkan akan berpengaruh pada kemampuan public speaking. Kontrol eksperimen hendaknya diperketat sehingga dapat meminimalkan pengaruh dari luar yang dapat mempengaruhi hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, pengetahuan public speaking
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 01:43
Last Modified: 07 Sep 2012 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item