Efektifitas Positive Parenting Terhadap Penerimaan Orang Tua yang Memiliki Anak Retardasi Mental Di SLB Kuncup Mas Banyumas

Dewi Nur Istrimawati, 1550405007 (2012) Efektifitas Positive Parenting Terhadap Penerimaan Orang Tua yang Memiliki Anak Retardasi Mental Di SLB Kuncup Mas Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Retardasi mental merupakan suatu keadaan di mana taraf perkembangan kecerdasan di bawah normal. Anak yang mengalami retardasi mental akan memiliki kemampuan intelek yang kurang dari pada anak yang lainnya. Tidak semua orang tua akan dapat menerima kondisi anak retardasi mental dengan baik. Dalam kenyataannya ada anak penderita retardasi mental yang diterima dan tidak diterima oleh keluarganya. Tanggapan negatif masyarakat mengenai anak retardasi mental cukup mempengaruhi reaksi orang tua. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh tingkat penerimaan yang dimiliki oleh orang tua. Untuk mengetahui penerimaan orang tua terhadap anak retardasi mental, maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas positive parenting terhadap penerimaan orang tua yang memiliki anak retardasi mental. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah penerimaan orang tua terhadap anak retardasi mental. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak retardasi mental yang bersekolah di SLB Kuncup Mas Banyumas yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala psikologi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control group design.Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas item, karena butir-butir item disusun berdasarkan skala psikologis tentang penerimaan orang tua yang memiliki anak retardasi mental. Reliabilitas Skala Psikologi Penerimaan Orang Tua didapat dengan menggunakan perhitungan Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut : pelatihan positive parenting tidak efektif digunakan untuk meningkatkan penerimaan orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SLB Kuncup Mas Banyumas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: positive parenting, penerimaan orang tua, retardasi mental
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 21:26
Last Modified: 06 Sep 2012 21:26

Actions (login required)

View Item