Keefektifan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pairs Share (TPS) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pendapatan nasional pada siswa kelas X di MAN Brebes
Ismi Faradila, 7101408218 (2012) Keefektifan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pairs Share (TPS) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pendapatan nasional pada siswa kelas X di MAN Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pairs Share (TPS) terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pendapatan nasional pada siswa kelas X di MAN Brebes)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Pembelajaran Ekonomi pada dasarnya dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pairs Share (TPS) yang dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) juga diantara kedua metode pembelajaran tersebut, manakah yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN Brebes. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil dengan cara cluster random sampling, terpilih kelas X1sebagai kelas kontrol dan kelas X2sebagai kelas Eksperimen dan Kelas X3 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample T-Testdan Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji tahap akhir, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat yaitu 77,07 sedangkan kelas kontrol yaitu 70,04. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif daripada metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) terbukti adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas Eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Think Pairs Share (TPS) |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 07 Sep 2012 01:05 |
Last Modified: | 07 Sep 2012 01:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15132 |
Actions (login required)
View Item |