Analisis Pelaksanaan Program Sepeda Kampus Untuk Dosen Universitas Negeri Semarang


Daniel Agnes Saputra, 5101407002 (2012) Analisis Pelaksanaan Program Sepeda Kampus Untuk Dosen Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pelaksanaan Program Sepeda Kampus Untuk Dosen Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Analisis Pelaksanaan Program Sepeda Kampus Untuk Dosen Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Program sepeda kampus adalah realisasi dari program transportasi internal ramah lingkungan (green internal transportation) guna mewujudkan univarsitas konservasi. Yaitu universitas yang mampu membuat, menjaga dan memperbaiki ekosistem di dalamnya, mampu melestarikan flora dan fauna di kawasan sekitar, ramah lingkungan, serta mampu membawa warganya untuk mencintai lingkungan. Dengan adanya program sepeda kampus diharapkan dapat mengurangi dampak dari emisi gas buang yang muncul apabila mobilisasi yang dilakukan oleh warga UNNES yang menggunakan kendaraan bermotor. Namun tampaknya program tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik atau dapat dikatakan bahwa target tujuan dari program sepeda kampus belum terlaksana denagn baik. Data dalam penelitian ini diperoleh dari metode observasi, kuesioner dan dokumantasi. Dengan metode stratified cluster sampling akan ditemukan bagaimana pelaksaan program sepeda kampus sebagai realisasi dari program transportasi internal ramah lingkungan (green internal transportation) serta sarana prasarana yang diinginkan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 91 responden. Pembagian jumlah sampel diambil berdasarkan jumlah populasi dosen di masing-masing fakultas (lingkup cluster), yaitu sebesar 10% dari jumlah populasi tersebut. Dari pembagian di masing-masing fakultas tersebut kemudian diambil menjadi 2 bagian, yaitu dosen golongan III dan golongan IV (lingkup stratified). Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan program sepeda kampus dapat dinyatakan belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau belum maksimal. Pelaksanaan program sepeda kampus yang belum berjalan secara maksimal disebabkan oleh beberapa faktor yang terkait sarana prasarana pendukung program sepeda kampus antara lain masih kurangnya fasilitas pendukung program sepeda kampus. Solusi yang diharapkan dosen untuk mengatasi permasalahan dari fasilitas yang kurang mendukung pelaksanaan program sepeda kampus adalah dengan cara membangun fasilitas yang mampu mendukung pelaksanaan program sepeda kampus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan program, sepeda kampus, sarana prasarana
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 15:52
Last Modified: 06 Sep 2012 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item