Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Kerja Dalam Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Di Semarang Dilihat Dari Persepsi Konsultan Perencana.

Hidayat Nur Wahyudi, 5101405084 (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Kerja Dalam Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Di Semarang Dilihat Dari Persepsi Konsultan Perencana. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perkembangan manajemen konstruksi di negara kita tidak dapat lepas dari perkembangan industri jasa konstruksi yang semakin meningkat. Semakin banyak dan kompleknya proyek, semakin banyak pula kendala yang harus dialami setiap kali akan mendirikan proyek. Pada pekerjaan proyek konstruksi biasanya terjadi kendala pada pekerjaan proyek tersebut, baik kendala yang memang sudah diperhitungkan maupun kendala di luar perhitungan perencana. Kendala tersebut menjadi penyebab terlambatnya penyelesaian proyek, sehingga proyek tersebut tidak berlangsung sesuai dengan rencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan kerja dalam kontruksi bangunan gedung bertingkat di Semarang dilihat dari persepsi perencana. Pengumpulan data di lakukan dengan kuesioner dan wawancara ditunjukan kepada responden (konsultan perencana yang telah menyelesaikan proyek pada tahun 2011) yang terdiri dari arsitektur, bagian struktur, dn mekanikal elektrikal. Faktor-faktor penyebab keterlambatan dianalisis dari aspek tenaga kerja, peralatan, karakteristik lapangan, manajerial, informasi, keuangan, dan faktor –faktor lainnya misalnya kecelakaan kerja, pemogokan kerja, pengaruh cuaca dan force mayor. Hasil penelitian diketahui bahwa dari tiga puluh dua (32) faktor penyebab keterlambatan kerja kontruksi bangunan gedung bertingkat di Semarang dilihat dari persepsi konsultan perencana. Pengaruh keterlambatan kerja tertinngi dengan prosentase 60,14% adalah faktor manajerial. Pengaruh keterlambatan kerja terendah dengan prosentase 56,50% adalah faktor –faktor lainnya yang meliputi kecelakaan kerja, pemogokan kerja, pengaruh cuaca, force mayor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterlambatan kerja, konsultan perencana
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 04:45
Last Modified: 06 Sep 2012 04:45

Actions (login required)

View Item