Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Klasifikasi Hewan di SMA N 2 Ungaran.


Sherlly Ferdiana Arafah, , 4401408008 (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Klasifikasi Hewan di SMA N 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Klasifikasi Hewan di SMA N 2 Ungaran. ] Microsoft Word (Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Klasifikasi Hewan di SMA N 2 Ungaran. ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

LKS digunakan sebagai acuan untuk memandu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan juga sebagai alat pembelajaran. LKS berisi lembar kegiatan siswa dan soal-soal latihan, LKS juga memuat ringkasan materi. LKS yang beredar di pasaran bukanlah LKS yang sebenarnya, di sekolah banyak ditemui pengunaan jenis LKS yang sebenarnya merupakan buku rangkuman materi pelajaran yang disertai dengan kumpulan soal, terutama pilihan ganda. LKS yang semestinya dikerjakan di sekolah dalam kegiatan pembelajaran seringkali juga harus dikerjakan di rumah sebagai pekerjaan rumah (PR). Soal-soal yang terdapat di dalam LKS bisa dijawab siswa dengan melihat materi yang ada di dalam LKS sehingga kurang melatih siswa berpikir kritis dan kemandirian siswa. LKS yang sudah ada kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa. LKS divalidasi oleh para pakar yang terdiri dari pakar media dan guru biologi di kedua sekolah. Penelitian ini dinggap berhasil jika produk yang dihasilkan memenuhi standar kelayakan dari BSNP dan Kemendiknas yakni kelayakan pakar ≥ 80. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ungaran sebagai uji coba awal dan SMA N 12 Semarang sebagai uji coba penerapan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode angket untuk memperoleh bukti identifikasi kelayakan dan keefektifan LKS. Data aktivitas siswa dan kinerja guru diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, tanggapan siswa dan guru diperoleh dengan angket. Data dianalisis menggunakan Deskriptif persentase. Data yang diperoleh dari produk akhir berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tugas LKS, pre test dan hasil akhir ulangan harian. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila ≥ 75% aktivitas siswa pada proses pembelajaran pada kriteria aktif dan ≥ 75% siswa mendapatkan nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKS dari BSNP memperoleh kriteria sangat valid. Produk LKS berbasis berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis berpikir kritis pada materi sistem klasifikasi hewan layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 2 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), Berpikir Kritis, Hewan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:17
Last Modified: 06 Sep 2012 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15104

Actions (login required)

View Item View Item