Keefektifan Media Spesimen dengan Metode Two Stay-Two Stray pada sub materi Arthropoda di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar
Lia Retnaningsih, , 4401408005 (2012) Keefektifan Media Spesimen dengan Metode Two Stay-Two Stray pada sub materi Arthropoda di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Media Spesimen dengan Metode Two Stay-Two Stray pada sub materi Arthropoda di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Media pembelajaran biologi di SMA Negeri Jumapolo pada sub materi Arthropoda dari tiap tahun hanya menggunakan LKS, belum mengoptimalkan penggunaan media. Salah satu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif adalah Cooperative Learning dengan metode Two Stay-Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media spesimen dengan metode Two Stay-Two Stray pada sub materi Arthropoda di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar. Penelitian ini menggunakan desain One-shot case study, dengan teknik sampling purposive sampling. Kelas ekperimen yang terpilih yaitu kelas X.3 dan X.4. Data keaktifan siswa diperoleh dengan lembar observasi keaktifan (pengamatan dan diskusi), data hasil belajar menggunakan tes tertulis berupa multiple choise pada akhir pembelajaran. Data kinerja guru dan penggunaan media spesimen menggunakan lembar observasi. Refleksi mengenai media dan proses pembelajaran menggunakan angket tanggapan siswa dan pedoman wawancara guru. Hasil penelitian mengenai keaktifan siswa pada kegiatan pengamatan dan diskusi masing-masing kelas berbeda. Presentase keaktifan siswa kelas X.3 selama pengamatan secara klasikal mencapai 96,97%, kelas X.4 mencapai 94,12% ,untuk kegiatan diskusi di kelas X.3 secara kalsikal mencapai 96,97% dan 97,6% di kelas X.4. Hasil belajar siswa di kelas X.3 secara klasikal 93,93% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 80,21%, kelas X.4 mencapai 91,17%, siswa tuntas dengan nilai rata-rata 69,8. Pada kelas X.3 terdapat dua anak yang belum tuntas dan tiga anak di kelas X.4. Pada angket tanggapan siswa sebagian besar siswa yaitu 82,6% dikelas X.3 dan 80,9% dikelas X.4 secara klasikal siswa menganggap spesimen Arthropoda menarik, sehingga siswa berantusias mengikuti pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media spesimen dengan metode TS-TS efektif digunakan dalam pembelajaran sub materi Arthropoda di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media spesimen, metode Two Stay-Two Stray, Arthropoda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 07:11 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 07:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15103 |
Actions (login required)
View Item |