Efektivitas Penggunaan Media Komik Strip Pada Pembelajaran Materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus


Tri Mulyani, 4401405064 (2009) Efektivitas Penggunaan Media Komik Strip Pada Pembelajaran Materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Komik Strip Pada Pembelajaran Materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Media Komik Strip Pada Pembelajaran Materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus) - Published Version
Download (195kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran. Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuat proses belajar mengajar menjadi menarik dan menyenangkan, bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik. Permasalahan penelitian ini adalah apakah media komik strip efektif digunakan pada pembelajaran materi saling ketergantungan dalam ekosistem di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik strip pada pembelajaran materi saling ketergantungan dalam ekosistem di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Populasi penelitian ini, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus dengan sampel kelas VII A, VII C dan VII E sebagai kelas eksperimen. Variabel yang diteliti yaitu; 1) variabel bebas: penggunaan media komik strip pada pembelajaran materi saling ketergantungan dalam ekosistem dan 2) variabel terikat: hasil belajar pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem. Desain yang digunakan adalah One shot case study. Analisis yang dilakukan yaitu analisis instrumen (validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran), analisis tes hasil belajar, analisis keaktifan siswa selama pembelajaran, analisis kinerja guru, analisis tanggapan siswa dan guru serta analisis pakar media. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil belajar dari ketiga kelas perlakuan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ketuntasan klasikal siswa ≥ 85% mendapatkan nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 62. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa dari ketiga kelas perlakuan mencapai kriteria keaktifan tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media komik strip efektif untuk mencapai kompetensi materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Komik Strip, Saling Ketergantungan dalam Ekosistem
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2011 02:44
Last Modified: 25 Apr 2015 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item