Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Sinektik pada Siswa Kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus


Sulistiyani, 2101408104 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Sinektik pada Siswa Kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Sinektik pada Siswa Kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Sinektik pada Siswa Kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus belum memperoleh hasil yang maksimal. Siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah cerpen. Pembelajaran menulis cerpen yang diberikan oleh guru dirasa belum efektif karena menulis cerpen dijadikan pekerjaan rumah sehingga keaslian karya siswa tidak dapat dipastikan. Permasalahan tersebut diatasi dengan memberikan tindakan model sinektik. Model sinektik dapat menjadi model pembelajaran alternatif untuk mengatasi masalah pada pembelajaran menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami pada siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda. Model ini menggunakan analogi atau pengandaian yang ditujukan untuk merangsang kreativitas siswa dalam mengembangkan idenya untuk dituangkan dalam sebuah cerpen. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami dengan menggunakan model sinektik dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus dalam pembelajaran menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami dengan menggunakan model sinektik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami pada siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus setelah mengikuti pembelajaran dengan model sinektik, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus terhadap pembelajaran menulis cerpen bertolak dari peristiwa yang pernah dialami setelah mengikuti pembelajaran dengan model sinektik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda Dawe Kudus. Variabel penelitian ini, yaitu keterampilan menulis cerpen dan model sinektik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan model sinektik. Skor rata-rata hasil tes siklus I 66,85 sedangkan pada siklus II skor rata-rata 79,7. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 19,22% dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan keterampilan menulis cerpen ini diikuti oleh perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan model sinektik dari negatif ke arah positif. Siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model sinektik. Berdasarkan hasil pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model sinektik pada siswa kelas IX MTs Tsamrotul Huda, hendaknya model ini diterapkan guru dalam pembelajaran menulis cerpen di sekolah. Model sinektik dapat merangsang ide siswa untuk menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, model sinektik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 05:19
Last Modified: 06 Sep 2012 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item