Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Realitas Sosial dengan Pendekatan ICARE pada Siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon Tembarak Temanggung
Marita Dewi Purwaningrum, 2101408079 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Realitas Sosial dengan Pendekatan ICARE pada Siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon Tembarak Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berdasarkan Realitas Sosial dengan Pendekatan ICARE pada Siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon Tembarak Temanggung)
- Published Version
Download (69kB) |
Abstract
Observasi awal yang dilakukan penulis pada kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon Tembarak Temanggung menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa pada kelas tersebut masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang berminat dan merasa bahwa menulis puisi merupakan sebuah bakat serta masih kesulitan untuk menentukan tema yang akan mereka tulis menjadi puisi. faktor lain guru belum memiliki kreativitas dalam memilih pendekatan pembelajaran. Adanya masalah tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi berdasarkan realitas sosial dengan pendekatan ICARE pada siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon Tembarak Temanggung. Rumusan masalah penelitian adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan ICARE siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon, (2) bagaimana peningkatan dalam keterampilan menulis puisi berdasarkan realitas sosial pada siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon dengan adanya penerapan pendekatan ICARE dalam pembelajaran, (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon dengan adanya pembelajaran menulis puisi berdasarkan realitas sosial dengan pendekatan ICARE, dan (4) bagaimana tanggapan siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon dengan adanya pembelajaran menulis puisi berdasarkan realitas sosial dengan pendekatan ICARE. Tujuan yang ingin dicapai penulis, yaitu (1) mendiskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan ICARE siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon, (2) mendiskripsikan peningkatan dalam keterampilan menulis puisi berdasarkan realitas sosial pada siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon dengan adanya penerapan pendekatan ICARE dalam pembelajaran, (3) mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon dengan adanya pembelajaran menulis puisi berdasarkan realitas sosial dengan pendekatan ICARE, dan (4) mendiskripsikan tanggapan siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon dengan adanya pembelajaran menulis puisi berdasarkan realitas sosial dengan pendekatan ICARE. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP D-BAITO Sunan Plumbon Tembarak Temanggung. Variabel penelitiannya, yaitu (1) variabel bebas yang meliputi menulis berdasarkan realitas sosial dengan pilihan kata yang sesuai dan penerapan pendekatan ICARE dan (2) variabel terikat keterampilan menulis puisi. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ada dua, yaitu instrumen tes dan instrumen nontes. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Skor rata-rata yang diperoleh siswa 70,34 (cukup) meningkat menjadi 77,58 (baik). Peningkatannya sebesar 7,18 dengan persentase 6,9%. Hasil nontes juga menunjukkan adanya peningkatan. Semula siswa yang kurang berminat dan kesulitan menjadi lebih berantusias. Saran penulis kepada guru, yaitu agar menggunakan Pendekatan ICARE dalam pembelajaran dan bagi praktisi pendidikan, hendaknya penelitian mengenai menulis puisi terus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis puisi, realitas sosial, pendekatan ICARE |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 05:16 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 05:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15098 |
Actions (login required)
View Item |